Mohon tunggu...
Farouq Al Ghoribi
Farouq Al Ghoribi Mohon Tunggu... Lainnya - Santri yang hobi membaca dan seni

Ig : m.farouq.alg Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini

Selanjutnya

Tutup

Politik

Konoha adalah Indonesia versi Anime? Persamaan antar Konoha dan Indonesia

28 Maret 2023   05:30 Diperbarui: 28 Maret 2023   05:27 1651
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Patung wajah Hokage (m.kwikku.com)

Waktu saya berjalan-jalan untuk mencari ide, saya mencoba untuk istirahat sebentar. Saya membuka HP untuk scroll instagram, mau apa lagi kalau bukan scroll-scroll ? Chatingan ? Chatingan dengan siapa, wong saya ini jomblo wkwkwk.

Tiba-tiba saya melihat gambar kartun. Gambar itu menampilkan wajah yang berjajar dipahat di sebuah gunung batu, seperti di Amerika. Namun, ini bukan tentang Amerika.

Patung wajah yang ada di gambar tadi, berjumlah tujuh wajah manusia. Saya menghitungnya mulai dari yang paling kiri. Saat hitungan saya jatuh di wajah yang kelima, saya terfikirkan oleh sesuatu. "Tunggu dulu, ini kok seperti Presiden Indonesia ya? " setelah itu, saya putuskan untuk menulis artikel dan bertekad untuk mengirimnya ke web.

Gambar yang saya lihat tadi adalah gambar wajah para hokage Konoha. Hokage adalah pemimpin dari desa ninja konoha. Sedangkan Konoha adalah sebuah desa tempat tinggal dari pahlawan kita, Uzumaki Naruto. Juga menjadi tempat tinggalnya sang perusak cerita, siapa lagi kalau bukan Boruto.

Desa ini merupakan sebuah desa ninja yang berada dibawah naungan negara api. Desa daun tersembunyi ini didirikan oleh Hashirama bersama rivalnya, Madara.
Lalu, apa ada masalah dengan konoha? Jawabannya, "tidak ada". Tapi, setelah saya amati dalam-dalam, "desa iki kog padha karo negaraku Indonesia ya? " kalimat itu melecit dalam ruang pikiran saya.

Memang sih, konoha ini memiliki banyak persamaan dengan negara kita. Mulai dari strukturnya sampai para pemimpinnya, lalu apa saja persamaannya, simak baik-baik.

Terdiri atas beberapa golongan

Konoha ini terdiri atas beberapa klan ninja yang berkumpul membentuk menjadi satu perkumpulan. Di antara klan-klan itu, terdapat beberapa klan besar yang utama, seperti : Senju, Uchiha dan Hyuga.

Sedangkan Indonesia, Juga terdiri atas beberapa macam suku, ras, bahasa dan budaya yang berbeda-beda. Tersebar dari Sabang sampai Merauke, semuanya bersatu padu dalam satu negara. Bisa dibilang, keduanya sama-sama negara majemuk.

Konoha dan Indonesia juga terbentuk setelah terjadi masa peperangan yang panjang. Di Konoha misalnya, sebelum berdiri, klan-klan saling bermusuhan satu sama lain. Mereka berperang untuk membuktikan siapa yang paling kuat diantara mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun