Mohon tunggu...
faris yudza ghifari
faris yudza ghifari Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis di berbagai niche

Selanjutnya

Tutup

Pulih Bersama Pilihan

Apa Dampak Luar Biasa Jika Indonesia Memegang Presidensi G20 2022?

31 Juli 2022   18:12 Diperbarui: 31 Juli 2022   18:19 127 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia, Pixabay | GDJ

Sebentar lagi, sebuah sejarah spektakuler akan tercipta. Indonesia akan memegang presidensi G20 untuk pertama kalinya. Ini merupakan kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan. Apalagi prisdensi G20 

Dari sejarah pertama yang terukir ini, apa dampak luar biasanya untuk Indonesia? 

Sekilas tentang G20

G20 adalah platform multilateral yang menghubungkan negara dengan ekonomi besar dari berbagai penjuru dunia. 

Menjadi pemegang presidensi G20 itu hal luar biasa karena anggota G20 sendiri merepresentasikan 80% dari ekonomi dunia, 75% perdagangan internasional, dan 60% populasi dunia.

Berdirinya forum ini tidak lepas dari krisis ekonomi yang pernah melanda dunia, yaitu krisis moneter pada tahun 1998. Pada tahun setelahnya (1999), G20 dibentuk dengan tujuan untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan stabilitas finansial internasional.

Forum ini (G20) dibuat untuk menemukan solusi terbaik untuk menghadapi krisis ekonomi global dengan melibatkan negara dengan pendapatan menengah dan memiliki dampak ekonomi sistemik seperti Indonesia.

Biasanya, mentri keuangan dan bank sentral (di Indonesia, bank sentralnya adalah Bank Indonesia) akan mengkoordinir kegiatan G20 bersama dengan delegasi tiap negara yang merupakan anggota G20.

Presidensi G20 akan meningkatkan perekonomian Indonesia dan membantu recovery Indonesia dari masa krisis akibat pandemi. 

Dampak Positif jika Indonesia Presidensi G20 2022 

G20 adalah gerakan kolaboratif banyak negara untuk menyelesaikan krisis global. Presidensi G20 yang akan diamanatkan ke Indonesia pastinya akan memiliki dampak positif. 

Berikut dampak positifnya

a. Berkembangnya Sektor Pariwisata secara Tidak Langsung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pulih Bersama Selengkapnya
Lihat Pulih Bersama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan