Mohon tunggu...
Farisa Rahmawati
Farisa Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Farisa Rahmawati

Hello I'am 20 years old and i like to writing story and poetry

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Memanfaatkan Waktu Menuju Keberhasilan

9 Desember 2021   15:00 Diperbarui: 9 Desember 2021   15:02 64 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Bagi setiap orang memanfaatkan waktu dengan baik merupakan salah satu kiat menuju keberhasilan. Hal tersebut berlaku juga bagi setiap mahasiswa.

Pasalnya setiap pribadi dituntut untuk membagi waktu akademik maupun non akademik yang pastinya menguras pikiran dan tenaga.Disamping memperoleh akademik yang baik , setiap mahasiswa harus berperan aktif dalam organisasi kampus dalam mengembangkan potensi diri.  

Lalu bagaimana cara memanfaatkan waktu yang baik agar menuju keberhasilan demi menggapai cita-cita yang diinginkan?

Yuk simak ulasannya!

1. Membuat jadwal kegiatan

Beberapa mahasiswa dapat membagi waktu nya dengan baik dengancara membuat jadwal teratur. Karena memanajemen waktu yang baik dapat membantu fokus mahasiswa antara kuliah maupun organisasi. membuat tabel berisi 7 hari dalam seminggu lengkap dengan penanda waktu untuk diutamakan terlebih dahulu. Hal utama yangyang dilakukan yakni masukkan ke dalam tabel tersebut  jadwal kuliah maupun praktikum dalam seminggu. Jadwal ini akan memberikan gambaran waktu-waktu luang yang dapat kamu manfaatkan untuk kegiatan lainnya. 

2. Mengasah ketrampilan yang dimiliki

Setelah seharian penat kegiatan kampus, Salah satu hal yang sering dilupakan oleh mahasiswa, terutama yang kerap berkegiatan di luar adalah hal-hal yang perlu dilakukan di rumah. Misalnya, beberes rumah atau kamar, atau mengasah keterampilan sehari-hari seperti memasak. Hal tersebut dapat memberikan rasa senang tersendiri dalam mengasah kemampuan yang dimiliki.

Selain untuk memperkaya life skill, keterampilan-keterampilan tersebut juga dapat membantumu untuk hidup lebih hemat, lho! Jika bisa mencuci sendiri, kamu tidak perlu menyisihkan uang untuk laundry sehingga bisa ditabung atau digunakan untuk kebutuhan lainnya.

3. Istirahat dan bersantai

Setelah menjalani kegiatanyang melelahkan, ada baiknya mengambil waktu sejenak untuk beristirahat danbersantai dengan melakukan hal-hal yang disukai seperti menonton film atau mungkin berlibur ke tempat yang disukai. "charging" yang akan memberimu lebih banyak energi untuk melanjutkan aktivitas di hari berikutnya. Dengan demikian, kamu tidak akan terlalu kelelahan dalam menjalani hari-harimu sebagai mahasiswa. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan