Mohon tunggu...
Faris AlHusen
Faris AlHusen Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Faris Al Husen, Mahasiswa Prodi Peternakan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Kelompok KKN Peternakan 2 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Engkus Ainul Yakin, S.Pt., M.Sc

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN Univet Sukoharjo Survey Ternak dan Bagikan Vitamin Ternak

26 Agustus 2021   20:24 Diperbarui: 26 Agustus 2021   20:45 116 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
pemberian vitamin B complex kepada peternak (Dokpri)

Karanganyar- Faris Al Husen, mahasiswa prodi peternakan UNIVET Bantara Sukoharjo dari kelompok Peternakan 2 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Engkus Ainul Yakin, S.pt., M.Sc melaksanakan Program KKN.

Program kegiatan KKN tersebut yaitu program survey ternak dan pemberian vitamin kepada ternak warga dukuh Karanjoho RT 01/10 kelurahan Gayamdompo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. 

Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama periode 16 Agustus - 30 September 2021 dengan mengangkat tema " Pemberdayaan Masyarakat  dan Pengembangan Potensi Desa di saat Pandemi"  dengan adanya KKN yang berlokasi di daerah masing-masing mahasiswa, dengan harapan mampu membantu meringankan warga ditengah pandemi ini.

Tujuan dari program survey ternak dan bagi vitamin ternak untuk warga adalah sebagai wujud penyuluhan  mahasiswa peternakan tentang kondisi ternak warga dan memberikan vitamin agar hewan ternaknya sehat . Dengan demikian peternak khususnya dukuh Karanjoho bisa mengetahui bagaimana merawat ternak dengan baik sehingga ternak sehat dan nafsu makan meningkat.

"saya harap dengan adanya survey ternak dan pemberian vitamin ini, peternak mampu merubah pola pemeliharaan ternak yang sebelumnya hanya diberi pakan  rumput dan komboran, akan tetapi bisa ditambahkan pemberian yang lain berupa vitamin sebagai asupan suplemen bagi ternak sehingga kebutuhan nutrisi dan vitamin untuk ternak tercukupi" menurut Faris. 

harapan kedepannya untuk peternak bisa merubah pola manajemen pengelolaan ternak bukan hanya dari segi pakan, vitamin tapi dari segi perkandangan, yaitu dibuat kandang yang membuat hewan ternak merasa nyaman saat dikandang. dengan manajemen pengelolaan ternak yang baik bisa menjadi tambahan pendapatan yang dapat meningkatkan perekonomian warga denga beternak yang baik. khususnya saat ini ditengah pandemi hewan ternak bisa menjadi tabungan dan sebagai salah satu sumber pengahsilan untuk kebutuhan ekonomi keluarga. (Faris)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan