Mohon tunggu...
Faradina Sabita Kurniawan
Faradina Sabita Kurniawan Mohon Tunggu... Pengamat perkembangan dan pertumbuhan kota

Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Negara Berutang US $ 4,3 Miliar Demi Atasi Covid-19

10 April 2020   20:57 Diperbarui: 10 April 2020   21:28 101 0 0 Mohon Tunggu...

Penerbitan obligasi internasional/ global bond digadang-gadang dapat mengatasi resiko defisit anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) di Indonesia. 

Frekuensi penerbitan global bond harus diatur untuk mengurangi pengeluaran negara. Penertbitan tersebut juga harus dilakukan pada saat yang tepat. Jika jarak waktu penerbitan global bond dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, situasi tersebut tentu akan menyulitkan pemerintah karena surat-surat tersebut pasti memiliki jarak waktu jatuh tempo yang saling berdekatan.

Saat ini Indonesia akan menerbitkan global bond dengan nilai yang sangat fantastis untuk upaya penanganan dan pemulihan covid-19 serta sebagai tambahan cadangan devisa bagi Bank Indonesia (BI). Nampaknya pandemi corona ini masih saja menjadi  suatu persoalan utama di negeri ini. 

Pemerintah masih meramu penanganan yang tepat untuk mengatasi penyebarannya dan berupaya semaksimal mungkin untuk menuntaskan permasalahan lanjutan yang timbul akibat virus corona. Masalah tersebut hadir dalam berbagai bidang, seperti pada bidang kesehatan, finansial, kesejahteraan, lingkungan, dll.

Kekalutan yang tercipta akibat virus corona membuat pemerintah Indonesia memutuskan untuk menerbitkan global bond. Global bond/ obligasi internasional adalah surat utang negara yang diterbitkan oleh suatu negara dalam valuta asing yang dapat meminimalkan resiko utang negara tersebut dan memiliki jangka menengah atau jangka panjang yang dapat diperjual belikan. Untuk menangani kasus corona, Indonesia menerbitkan tidak hanya satu tetapi ada tiga global bond. Ketiga global bond tersebut memiliki nominal dan tenor yang berbeda-beda.

Global bond pertama memiliki seri RI1030, global bond yang kedua memiliki seri RI1050, sedangkan yang ketiga memiliki seri RI0470. Ketiga global bond tersebut diterbitkan pada tanggal 15 April tahun 2020 serta berdenominasi dollar Amerika Serikat (US). Global bond seri RI1030 bertenor 10,5 tahun, artinya tanggal jatuh tempo adalah tanggal 15 Oktober 2030. Nominal global bond seri RI1030 adalah sebesar US $ 1,65 Milyar serta memiliki yield sebesar 3,90%.

Global bond yang kedua, dengan seri RI1050 bertenor 30,5 tahun. Hal ini berarti waktu jatuh tempo adalah 30,5 tahun kedepan tepatnya pada 15 Oktober 2050. Global bond seri RI1050 memiliki nominal sebesar US $ 1,65 Milyar dan memiliki yield sebesar 4,25%.

Global bond yang ketiga dengan seri RI0470 memiliki tenor telama dan nilai terkecil jika dibandingkan dengan dua global bond sebelumnya. Global bond dengan seri RI0470 memiliki tenor selama 50 tahun sehingga tanggal jatuh tempo berada pada tahun 2070 tepatnya di tanggal 15 April. Nilai global bond ini sebesar US $ 1 Milyar dengan yield 4,50%.

Dari ketiga global bond tersebut dapat dilihat bahwa Indonesia menerbitkan surat utang senilai total US $ 4,3 Milyar. Nilai tersebut tentu merupakan suatu nominal yang fantastis. Jika angka tersebut dilihat dengan nilai rupiah dengan kurs dollar saat ini yaitu Rp. 15,830.95, maka besar ketiga global bond tersebut adalah senilai 68,037 Triliun Rupiah.

Melansir dari situs berita bisnis dot com, ketiga seri global bond tersebut diperkirakan akan mendapatkan peringkat Baa2 dari Moody's, lalu BBB dari standard & Poor's serta BBB dari Fitch* dan akan dicatat pada Singapore Stock Exchange dan Frankfurt Stock Exchange. Selanjutnya yang bertindak sebagai co-Managers adalah PT Danareksa Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

Penerbitan global bond pada saat ini dinilai positif ditengah kacaunya kondisi pasar keuangan global sekarang. Selain itu pertimbangan untuk menerbitkan ketiga global bond ini adalah agar beban utang negara tidak terlalu membebani anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) di masa yang akan datang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x