Mohon tunggu...
Faradina Sabita Kurniawan
Faradina Sabita Kurniawan Mohon Tunggu... Pengamat perkembangan dan pertumbuhan kota

Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Dilema Memajukan Pariwisata di Kota Kecil

29 Oktober 2019   13:56 Diperbarui: 29 Oktober 2019   14:09 39 3 3 Mohon Tunggu...

Dilema kota kecil dalam upaya memajukan daerahnya pada sektor pariwisata memang cukup sulit. Contohnya adalah Jember yang menurut saya menemukan banyak kesulitan untuk mengembangkan sektor pariwisatanya.

Kendala yang dialami Jember tentu beragam, mulai dari kurangnya peran serta pemerintah daerah dalam upaya memajukan sektor pariwisatanya, kurang melihat peluang , serta belum memanfaatkan sumber daya yang ada dengan maksimal.

Dampak dari majunya sektor pariwisata tentu dapat memajukan tingkat ekonomi suatu daerah pula. Jika daerah tersebut memiliki banyak pengunjung, baik wisatawan domestik maupun internasional, pandapatan daerah tersebut tentu akan meningkat.

Artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara agar kota kecil, khususnya Jember, bisa mengembangkan sektor pariwisata guna meningkatkan pandapatan daerah.

Pertanyaannya selanjutnya yang muncul dalam benak para pembaca pastinya adalah mengapa kota kecil sulit untuk mengembangkan sektor pariwisata mereka?

Padahal jika dikaji dari segi harga, kota kecil tentu menawarkan harga yang jauh lebih murah. Contohnya saja harga makanan yang ditawarkan di daerah Jember memiliki harga tiga kali lebih murah dari makanan yang berada di kota besar seperti Jakarta.

Menurut hasil pengamatan saya, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan kota kecil agar sektor pariwisata mereka dapat berkembang lebih pesat dari keadaan mereka sekarang :

1. Memanfaatkan peluang yang ada
Menurut saya sektor pariwisata di Jember berbanding lurus dengan apa yang dikedepankan Indonesia dalam hal pariwisata. Jember dan Indonesia sama-sama mengedepankan alam sebagai objek wisatanya. Seharusnya hal ini dapat dijadikan peluang untuk lebih menggencarkan promosi pariwisata.

2. Memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk promosi
Aspek promosi merupakan salah satu aspek penting dalam upaya memajukan pariwisata terutama pada kota kecil. Bahkan saat ini muncul slogan "dunia dalam genggaman" yang berarti semua aktivitas yang sedang terjadi pada seluruh penjuru dunia, dapat dengan mudahnya kita akses melalui telepon genggam.

Semua informasi dapat kita dapatkan cukup dengan menggerakkan jari kita pada telepon genggam. Informasi tersebut dapat tersebar hanya dalam hitungan detik. Bisa kita sadari bahwa terdapat transparansi dan keefektifan dalam penyampaian informasi.

Ditambah lagi dengan peranan sosial media, contohnya adalah instagram, seluruh pengguna instagram pasti berlomba-lomba untuk mengupayakan agar foto yang dipampang pada laman Instagram mereka masing-masing adalah hasil foto dengan latar belakang yang bagus. Seperti pantai dengan keindahan matahari terbenamnya, pegunungan dengan cantiknya proses matahari terbit, dan wahana wisata buatan dengan keunikan tata bentuk bangunan serta kawasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN