Mohon tunggu...
Fara
Fara Mohon Tunggu... Magelang

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembelajaran Kearifan Lokal pada Siswa Sekolah Dasar

17 April 2021   20:55 Diperbarui: 17 April 2021   21:05 183 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembelajaran Kearifan Lokal pada Siswa Sekolah Dasar
000000000000000000000000000000000000000-607ae7e98ede4871d371de53.jpg

17 April 2021

Fara Yuni Sulistiyowati

Mahasiswi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kearifan lokal adalah suatu bagian budaya yang mencirikan suatu hal dari masyarakat setempat. Kearifan lokal ada karena warisan turun-temurun dari nenek moyang. Karifan lokal biasanya diwariskan dari generasi ke generasi yang hanya disampaikan dari mulut ke mulut.

Pembelajaran saat ini banyak memiliki metode dan model yang bervariasi salah satunya mengusung kearifan lokal. Pembelajaran kearifan lokal sanagt penting diterapkan dalam pembelajaran. Kemajuan zaman yang membuat anak terkadang lupa akan budaya terutama kebudayaan di daerah sendiri. Tergerusnya kecintaan pada budaya sendiri merupakan pekerjaan rumah bagi guru, orangtua, serta pihak yang berkaitamn dengan hal tersebut. Sebagai layaknya seorang guru, membimbing anak agar bisa selalu membudayakan apa yang sudah menjadi warisan turun-temurun. Pembelajaran kearifan lokal juga bisa menuntun siswa mengetahui apa saja yang dahulu menjadi kebiasaan masyarakat sekitar.

Budaya juga bisa menjadikan siswa lebih berkarakter dan lebih bisa menghargai apa yang sudah diwariskan. Pembelajaran kearifan lokal biasanya dikaitkan dengan pembelajaran di sekolah. Contohnya dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam pembelajaran tersebut anak lebih mengerti dan mendalami materi. Dijelaskan oleh guru, bahwa model pembelajaran kearifan lokal yang mengajarkan peserta didik untuk selalu dekat dengan situasi konkret yang mereka hadapi dan menanamkan nilai-nilai karakter secara langsung melalui pembiasaan antara lain kegiatan gotong royong yang mampu menumbuhkan karakter toleransi dan kerjasama.

Kearifan lokal yang diangkat dalam hal ini merupakan hal yang terlihat jelas contoh nyatanya. Tidak hanya dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan saja, namun di pelajaran lain juga menerapkan model pembelajaran kearifan lokal walaupun tidak selalu dipakai setiap hari, hanya untuk variasi agar anak tidak bosan dengan model pembelajaran itu-itu saja. Pembelajaran kearifan lokal juga membuat Siswa merasa senang model ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik,tetapi juga membekali peserta didik dengan keterampilan serta karakter luhur sesuai kepribadian bangsa indonesia. Hal semacam inilah yang memupuk kembali kecintaan pada budaya setempat melalui pembelajaran. Setiap hal yang menjadi pembehasan dalam pembelajaran bisa dijadikan pemupuk semangat untu selalu berbudaya terutama budaya kearifan lokal setempat. Harapanya dengan model ini siswa tidak hanya tahu tentang pengetahuan saja tetapi juga bisa menanamkan rasa cinta terhadap keberagaman lokal dilingkungannya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x