Mohon tunggu...
Faqih Febriansyah
Faqih Febriansyah Mohon Tunggu... Freelancer - dcxvi

don't judge by cover

Selanjutnya

Tutup

Financial

5 Tips Berhemat untuk Anak Kost

18 April 2021   17:10 Diperbarui: 18 April 2021   18:51 167 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Bagi sebagiaan anak kos cara mengatur keuangan bulanan sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi para anak kos. Bagaimana tidak , menerapkan cara mengatur keuangan bagi anak kos yang tepat merupakan sebuah tantangan terlebih lagi kita harus bisa sejahtera meski akhir bulan.

Hidup ngekos memang menghadirkan cerita tersendiri. Jika dulu saat tinggal sama orangtua, kamu bisa minta uang kapan aja, sekarang uang saku sudah dijatah. Sedangkan jika kamu sudah memasuki dunia perantauan/pekosan, kamu harus siap hidup mandiri.

Kemampuan mengatur  keuangan adalah syarat wajib yang harus dimiliki jika ingin bertahan di tanah perantauan. Seberapa banyakpun uang bulanan kamu jika tidak bijak dalam menggunakanya pasti akan terasa kurang, dan sebaliknya jika kamu mengelola dengan baik pasti akan merasa cukup.

Belum lagi jika harga biaya sehari-hari & harga barang-barang di wilayah kosan jauh lebih tinggi dibandingkan di kota asalmu. Hal ini akan terasa semakin berat jika kamu tak kuat menahan godaan gaya hidup yang tak sesuai kantongmu. Kalau sudah begitu, harus siap menghadapi masa-masa kritis tiap jelang akhir bulan.

Hal yang sering terjadi pada anak kos adalah pada awal bulan seakan menjadi raja, semua yang di inginkan kamu beli, namun saat akhir bulan menjelma menjadi rakyat jelata, bagaimana tidak untuk makan besok saja sudah bingung, apakah masih bisa atau tidak. Apalagi jika di tengah perjalanan sering kali ada kebutuhan mendadak. Kondisi itu membuatmu mau gak mau harus tahu cara hidup hemat, meski sebenarnya orangtua gak bakal marah kalau uang saku habis di tengah bulan.

Nah, kali ini kami akan membagikan sedikit tips bagimana mengatur keuangan anak kos agar bisa survive hingga akhir bulan dan lebih bijak dalam mengelola uang bulanan.

Yuk kita simak...

1. Buat daftar pengeluaran bulanan

Yang pertama, buat daftar pengeluaran bulanan yang pasti jangan melebihi uang saku dari orangtua. Dengan belajar hal ini, kamu berlatih buat terbiasa atur keuangan kamu.

Bagaimana si caranyta ? Kamu bisa membuat daftar pengeluaran bulanan mulai dari yang terpenting sampai rekreasi.

Segera sisihkan uang untuk hal terpenting, seperti bayar kos, uang kuliah, listrik, dan belanja bulanan. Dengan seperti itu pengeluaran kamu bisa lebih terkontrol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan