Mohon tunggu...
Faqih Ma arif
Faqih Ma arif Mohon Tunggu... Civil Engineering: Discrete Element | Engineering Mechanics | Finite Element Method | Material Engineering | Structural Engineering |

Beijing University of Aeronautics and Astronautics | 601B号房间 | 1号楼, 外国留学生宿舍 | 北京航空航天大学 | 北京市海淀区学院路 | 37學院路, 邮编 |100083 |

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Aktual, Universitas di Indonesia Rumahkan Mahasiswa Cegah Pandemi COVID-19

14 Maret 2020   03:57 Diperbarui: 14 Maret 2020   11:39 380 8 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aktual, Universitas di Indonesia Rumahkan Mahasiswa Cegah Pandemi COVID-19
Ilustrasi belajar daring | pixabay.com.id

Indonesia-14/03/2020 Dalam rangka mencegah penyebaran Pandemi COVID-19 yang terus meluas, beberapa perguruan Tinggi di Indonesia secara resmi memberlakukan belajar daring (online). 

Meskipun hingga berita ini diturunkan belum diketahui jumlah pastinya Universitas mana saja yang menerapkan metode belajar online. Belajar daring dilakukan dengan cara meminta kepada mahasiswa untuk tidak datang ke kampus sampai kondisi kembali normal.

Beberapa perguruan tinggi yang telah mengkonfirmasi hal tersebut diantaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Atmajaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Media Nusantara, Universitas Moestopo.

Kegiatan Belajar Mengajar
Dilaporkan bahwa Universitas Indonesia telah resmi mengeluarkan surat edaran untuk menerapkan sistem belajar di rumah serta mengajar jarak jauh tertanggal 18 Maret 2020. 

Dalam surat edaran tersebut telah ditandatangani oleh Prof. Ari Kuncoro selaku Rektor Universitas Indonesia pada 13 Maret 2020. Dalam surat edaran tersebut terdapat beberapa poin penting terkait dengan proses belajar mengajar diantaranya adalah:

Pembelajaran Jarak Jauh
Definisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah meniadakan kegiatan belajar mengajar tatap muka di kampus. Hal tersebut terhitung sejak mulai tanggal 18 Maret 2020 hingga berakhirnya semester genap tahun ajaran 2019/2020.

Tidak hanya itu, KBM dalam bentuk praktek laboratorium, praktek industry, praktek klinik, dan praktik di berbagai institusi harus dipastikan terlebih dahulu bahwa tempat tersebut menerapkan upaya pencegahan penularan Pandemi COVID-19. Dalam surat edaran juga disampaikan tentang penjadwalan ulang penyelenggaraan praktik dengan menyesuaikan perkembangan aktual.

Selanjutnya, KBM dalam bentuk KKN dan Praktik Belajar Lapangan juga diganti dengan metode lain. Praktik Belajar Lapangan yang tidak dapat di jadwal ulang dan tidak dapat diganti dengan metode lain, harus disertai dengan tindakan kewaspadaan pencegahan Pandemi COVID-19.

Dilansir dari cnnindonesia.com, Universitas Moestopo juga memberlakukan Kegiatan Belajar Mengajar daring yang akan diterapkan pada 16 sampai 27 Maret 2020. Untuk perkuliahan tatap muka akan kembali dilakukan 30 Maret 2020.

Setelah Universitas Indonesia (UI) meniadakan kegiatan pengajaran dengan tatap muka mulai tanggal 18 Maret 2020 sampai berakhirnya semester genap tahun ajaran 2019/2020, Pemerintah Kota Solo juga melakukan hal yang sama. Kegiatan belajar mengajar di kota Solo untuk seluruh sekolah yang ada di kota tersebut diliburkan selama dua minggu. Dilansir dari nasional.kontan.co.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x