Mohon tunggu...
Fatihnokturnal
Fatihnokturnal Mohon Tunggu...

Orang malam yang membicarakan terang ngefapfapfap.wordpress.com Al Ain, UAE

Selanjutnya

Tutup

Muda Pilihan

Barbar, Cina dan Banglo

19 Januari 2016   22:17 Diperbarui: 19 Januari 2016   22:19 352 0 2 Mohon Tunggu...

 

 

The Barbarian di Clash of Clans yang merupakan representasi bangsa Barbar.

 

Belajar sejarah bukan hanya membuat kita tidak mengulangi kesalahan pendahulu, tetapi juga membuat kita tahu alasan-alasan sesuatu yang terjadi sekarang.

Contoh pertama, kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional?

Jawaban ini saya temukan di kolom Boleh Tahu di majalah Bobo saat kecil, bahwa ternyata bahasa Inggris banyak digunakan karena daerah-daerah koloninya yang banyak saat itu (Malaysia, India, UAE, Singapura, dll.), membuat bahasa Inggris tersebar luas ke daerah-daerah itu hingga sekarang. Untuk sekarang ini bahasa Inggris juga masih bertahan kuat, apalagi dengan populernya film-film Hollywood.

Contoh kedua, berasal dari manakah ungkapan ‘perilaku yang barbar’ yang  menggambarkan perilaku yang bengis, kejam dan biadab?

Rupanya memang dulu, ada suatu bangsa bernama bangsa Barbar, mungkin perilaku mereka membuat ungkapan tersebut. Bangsa inipun sepertinya sangat menarik, Ibnu Khaldun sendiri menulis tentang sejarah mereka dalam bukunya yang fenomenal ‘The Muqaddimah’.

 

Nah, itu bangsa Barbar, bagaimana dengan bangsa lain? Apakah ada bangsa lain yang menjadi representasi atas suatu sifat khusus juga?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x