Mohon tunggu...
Fantasia Imanda Putri
Fantasia Imanda Putri Mohon Tunggu... Freelancer - Profil Baca

Musik, suka buat film pendek, suka foto-foto. Everything that makes me greater.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Saya Menulis karena Saya Ingin Bicara

15 Oktober 2018   07:02 Diperbarui: 15 Oktober 2018   09:38 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Menulis sebetulnya bukan kegemaran saya secara pasti. Saya menulis karena ada yang ingin disampaikan, seperti halnya orang menulis surat. Dalam surat itu pasti ada kerinduan, ada perasaan lain yang ingin sekali diungkapkan. Seperti itu kiranya, mirip dengan surat. Memang tak ada masalahnya jika menulis untuk sesuatu yang menghibur. Namun bagi saya, menulis dengan maksud ingin memberi tahu, akan terasa berbeda bagi saya. 

Begitu banyak tulisan yang menginspirasi. Seperti kumpulan cerpen dalam satu buku, ataupun novel. Yang saya bayangkan setelah membaca karya-karya mereka, muncul persepsi kalau penulis banyak yang bicara fakta meskipun tidak seratus persen mengandung fakta. Bisa saja, atau barangkali mereka mengarang hanya untuk menjaga perasaan seorang pembaca. 

Mulai dari pengalaman itulah saya berani mengambil kesimpulan bahwa seseorang menulis karena ingin bicara. Kemudian hal itu juga menggantikan kepercayaan saya tentang hakikat menulis. 

Awalnya saya senang dengan yang namanya mengarang sebuah cerita. Mulai dari tokoh, setting lokasinya, dan peradegannya, saya buat sedemikian bebasnya. Namun sadar saat menulis itu berproses, lama-kelamaan saya tahu kalau fakta lebih yang diutamakan. 

Menulis Seperti Sebuah Amalan

Pernahkah Anda membayangkan hal ini, bahwa tulisan bukan sekedar menghibur pembacanya melalui isi yang disampaikan, namun juga berhubungan dengan 'Amalan'. Amalan; jika ikhlas mengasihi, maka keuntungan bukan sekedar milik Anda, tetapi juga orang lain yang merasakan. Menulis sama saja dengan kita mengamalkan sesuatu, namun dengan catatan menulis untuk sesama, menulis demi sebuah tujuan kebaikan. 

Jadi, menulislah seolah-olah orang lain sedang membutuhkan sesuatu. Dan Anda sebagai penulis, menjadi jembatan untuk mereka. Dan setiap tulisan Anda sangat bermanfaat bagi mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun