Mohon tunggu...
Fahmi Ilmawan Sulaiman
Fahmi Ilmawan Sulaiman Mohon Tunggu... First year in Informatics Engineering Master Program, Lets make a friend :)

Visual Art Enthusiast | DIgital Graphic Designer | Video Editor | Striker

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kisah Asli Rapunzel yang Tragis!

22 September 2020   21:39 Diperbarui: 22 September 2020   22:24 150 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Asli Rapunzel yang Tragis!
rapunzel-by-maffy-pop-d4f4qkv-pre-5f6a16bc097f36067359caa2.jpg

Hampir semua orang tahu dengan kisah dongeng Putri Rapunzel. Seorang gadis cantik yang diculik dan terjebak di menara tinggi oleh seorang penyihir, dan dia tidak pernah potong rambut sehari pun dalam hidupnya. Saat menginjak usia remaja, rambutnya sudah sangat panjang, bisa digunakan sebagai tali bagi penyihir untuk naik turun menara. 

Akhirnya, seorang pangeran yang pintar melihat ini, dan berjalan ke atas menara untuk menemui Rapunzel. Mereka jatuh cinta, dan dia membantunya melarikan diri. 

Mereka hidup bahagia selamanya. Versi ini adalah cerita yang ditulis dalam sebagian besar buku anak-anak zaman modern, dan film animasi Disney pada dasarnya mengikuti alur cerita ini juga.

Versi Grimm Brothers Fairy Tale dari Rapunzel pada tahun 1857 ternyata memiliki kisah yang kelam. diketahui Putri Rapunzel belum pernah melihat seorang pria sebelumnya, jadi dia dirayu oleh pangeran, dan dia hamil. Pangeran menjadi buta dan berkeliaran tanpa tujuan melalui hutan, sementara Rapunzel melahirkan anak kembar sendirian. Setelah melewati neraka dan kembali, mereka akhirnya menemukan satu sama lain lagi.

Kisah nyata asli yang menginspirasi semua versi dongeng ini adalah yang paling gelap dari semuanya. Alih-alih penyihir jahat mengunci seorang gadis cantik di menara, penculiknya adalah ayah seorang gadis itu sendiri, yang begitu mengendalikan kehidupan putrinya sehingga menyebabkan kematiannya. 

saint-barbara-5f6a1736097f3623d34c2d02.jpg
saint-barbara-5f6a1736097f3623d34c2d02.jpg
Kehidupan dari Saint Barbara

Pada tahun 1275 M, seorang pria bernama Jacobus de Voragine merekam kisah tentang seorang wanita muda bernama Barbara yang tinggal di Italia. Dia adalah seorang gadis cantik, dan ayahnya yang bernama Dioscorus, adalah seorang pedagang yang kaya dan berkuasa. 

Sama seperti hari ini, reputasi seseorang sangat berkaitan dengan kesuksesan mereka dalam bisnis, jadi ayahnya ingin tetap berpegang pada status quo dan terus mempraktikkan agama pagan tradisional Roma. 

Ia juga tahu bahwa putrinya sangat cantik. banyak pria yang sudah mengantri untuk bertemu dengannya, dan banyak dari mereka bahkan adalah pangeran. Dioscorus membuat aturan bahwa pria tidak diizinkan untuk bertemu dengannya kecuali mereka melalui proses wawancara dengannya, terlebih dahulu.

Hal ini membuat Barbara marah, dan dia bertengkar dengan ayahnya lalu mengatakan bahwa dia memiliki keinginan bebas, dan ingin memilih pria yang akan dinikahinya. 

Ketika dia mencoba memberinya pilihan pria yang dia pikir adalah pelamar yang baik, dia akan menolak semuanya dan menolak untuk bekerja sama. Karena putrinya memberontak, dan dia harus meninggalkannya sendirian saat dia bepergian untuk bekerja, Dioscorus memutuskan untuk membuang uang untuk masalah itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x