Mohon tunggu...
Rita Mf Jannah
Rita Mf Jannah Mohon Tunggu... Freelancer - Trader, Praktisi Pendidikan, Blogger, Writer

Datang, Berdoa, Berusaha dan Menang!

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pembunuh Senyap Bernama Wajan dan Teman-Teman

2 Juli 2021   11:05 Diperbarui: 2 Juli 2021   11:12 282 7 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembunuh Senyap Bernama Wajan dan Teman-Teman
Illustrasi wajan aluminium (pic: berkeluarga.id)

Seorang ibu bisa menjadi pahlawan penyelamat kelaparan bagi suami dan anak-anaknya, namun juga bisa menjadi pembunuh senyap dari peralatan masak yang dipakainya

Pernah mengamati bahan utama peralatan masak yang digunakan saat memasak di dapur? Atau enggan mengamatinya karena yang penting masakan enak dan perut kenyang? 

Zaman dahulu segala peralatan masak terbuat dari tanah liat, mulai dari panci, wajan, dan lainnya. Namun seiring dengan kemajuan zaman, bahan tanah liat telah ditinggalkan sebab dianggap terlalu memakan waktu lama dalam pembuatannya, hingga kemudian diganti dengan beragam bahan praktis yang cepat pembuatannya.

Akibat tuntutan kepraktisan dan kemudahan, membuat peralatan masak dari tanah liat tidak ada lagi di pasaran, dan tinggal menjadi nostalgia jaman penjajahan.

Ketidakamanan aluminium menjadi perdebatan

Seiring perkembangan zaman, bahan-bahan baku peralatan memasak mengalami banyak perkembangan, salah satu yang paling mudah didapatkan adalah aluminium. Tetapi ketidakamanan aluminium untuk memasak makanan atau kegiatan lainnya yang dikonsumsi manusia telah lama menjadi sumber perdebatan.

Sebagian pakar kesehatan menyebut aluminium sangat berbahaya bagi kesehatan, namun sebagian lainnya  mengatakan aman-aman saja asalkan tidak melebihi ambang batas yang ditetapkan.

Dikutip dari smarterhealth.com, dalam kondisi normal, setiap hari asupan aluminium dari darah akan diekskresikan oleh ginjal (5-10 mg), namun bagi yang mengalami gagal ginjal tidak memiliki kemampuan untuk menyaring zat aluminium, sehingga tidak bisa dikeluarkan dari tubuh, akibatnya sangat berbahaya karena mempengaruhi kesehatan otak dan tulang.

Beragam penyakit disebabkan aluminium

Peralatan masak berbahan aluminium memang terkenal murah dan terjangkau harganya dibanding bahan lain seperti titanium dan baja. Selain faktor bahan yang mudah didapatkan, juga mudah untuk didaur ulang kembali menjadi barang baru.

Aluminium mudah dilelehkan dan praktis, namun karena kemudahannya itu juga yang membuat barang berbahan lauminium mudah luntur, yang tentu saja membawa efek negatif pada tubuh sebab. akan meresap dalam organ-organ tubuh, menyebabkan beragam penyakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x