Mohon tunggu...
Fakkah Muhsinah Luthfiyah
Fakkah Muhsinah Luthfiyah Mohon Tunggu... welcome

Assalamu'alaikum..

Selanjutnya

Tutup

Digital

Inovasi dalam Pembelajaran dengan Microsoft 365

6 Juli 2020   10:32 Diperbarui: 6 Juli 2020   10:36 12 1 0 Mohon Tunggu...

Menurut UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003 Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. 

Pendidikan secara menyeluruh di Indonesia bisa dikatakan belum sempurna atau masih banyak kurangnya termasuk pada sistem pendidikannya. Semakin lama kehidupan dunia semakin berkembang begitupun dunia pendidikan, maka untuk menyeimbangkannya diperlukan adanya Inovasi Pendidikan.

Peran guru sebagai inovator sangat berpengaruh dalam pembelajaran yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran daring saat ini, guru harus inovatif terhadap media maupun metode yang terus berkembang. Metode yang diterapkan akan berbeda dari biasanya sebab belajar tidak berlangsung  secara "face to face", guru harus kreatif dalam memilih media dan metode yang akan digunakan dalam proses belajar daring ini. 

Oleh karena itu, di era digital ini akan membuka inovasi dalam hal mengajar. Seorang guru dituntut untuk lebih membiasakan diri dan mengikuti dengan perkembangan teknologi saat in. Sebab, di era digital ini ada beberapa hal yang sebelumnya belum atau tidak pernah dilakukan menjadi penting untuk dilakukan.

Banyak siswa sekarang walau masih kecil mereka bisa mengoperasikan teknologi lebih baik. Agar pendidikan tidak mengalami kemerosotan seorang pendidik harus bisa berinovasi dalam bidang teknologi tersebut. Jangan sampai seorang pendidikan awam terhadap teknologi dari pada muridnya. 

Berkaitan dengan hal tersebut sebenarnya guru adalah teladan bagi muridnya, segala tingkah laku selalu dijadikan tolak ukur oleh muridnya. Namun bukan hanya itu, guru juga dituntut menjadi teladan dalam upaya-upaya yang inovatif  menggunakan dan memanfaatkan teknologi sebagai bukti bahwa ia telah sanggup dan kompeten dalam menghadapi segala tuntutan di abad 21. 

Begitupun di era revolusi industri 4.0 ini justru sangat membutuhkan peran guru dalam menyaring berbagai informasi kepada peserta didik. sebenarnya di era digital ini membuka peluang yang besar untuk para guru lebih kreatif dan berinovasi dalam hal mengajar termasuk dalam hal media pembelajaran. Media pembeljaran berbasis teknologi ini lebih memudahkan proses pembelajaran

Microsoft 365 adalah salah satu bentuk perkembangan inovasi yang bisa digunakan dalam pembelajaran saat ini. Melihat keadaan yang memaksa untuk tidak melaksanakan aktivitas diluar rumah maka tindakan yang paling tepat adalah melakuakan segala aktivitas dengan menggunakan hal-hal yang dapat dilakukan di rumah begitu pula pendidikan. Microsoft 365 dapat kita gunakan dimanapun kita berada maka inovasi tersebutlah yang kita butuhkan dalam keadaan lingkungan saat ini. 

Dengan menggunakan Microsoft 365 ini kita bisa melaksanakan aktivitas pendidikan dengan baik agar proses pembelajaran dapat berlangsung serta tujuan-tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan adanya fitur-fitur yang memudahkan peserta didik dan guru dalam melaksanakan pembelajaran seperti berdikusi, melaksanakan tugas, memaparkan materi membuat hal tersebut mendukung terjadinya proses transfer knowledge yang cukup baik. Layanan ini menawarkan kumpulan alat yang paling beragam dan mendetail untuk pembuatan konten, pembelajaran yang disesuaikan, dan kerja sama kelas yang modern. 

Pertama, hal yang kita butuhkan adalah menginstal Microsoft 365 adalah:

  • Masuk ke www.office.com/myaccount dari PC atau Mac yang Anda inginkan untuk menginstal Office, kemudian log masuk dengan akun Microsoft yang digunakan untuk membeli langganan Anda.
  • Klik Instal.
  • Ikuti instruksi pada layar untuk menginstal Office. Harap tidak beralih offline atau me-restart komputer sewaktu Office 365 sedang diinstal.

Penulis: Ahmad, Amiara, Ayu, Ceci, Dalfa, Emilia, Fakkah.
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Semester VI-A, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

VIDEO PILIHAN