Mohon tunggu...
Jamalludin Rahmat
Jamalludin Rahmat Mohon Tunggu... HA HU HUM

JuNu_Just Nulis_

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ramadan Berbagi: Gembira, Gerakan, dan Ruh

11 Mei 2021   14:32 Diperbarui: 11 Mei 2021   14:38 452 18 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan Berbagi: Gembira, Gerakan, dan Ruh
Berfoto sebelum penyaluran paket sembako Ramadan Berbagi. Foto diambil dari facebook AMM Rejang Lebong.

_Lakukan dengan gembira kemudian berwujud gerakan dan menjadi ruh suatu kegiatan_

Berawal dari Berkumpul, Ngobrol, Ide dan Eksekusi

_Kebersamaan membuat kuat dan menjadi kekuatan_Anonymous_

Berkumpul di warung kopi, di pinggir jalan, di pondok lesehan, di basecamp dan tempat-tempat lainya merupakan rahmat sebab ada saja yang diobrolkan dalam suasana santai yang memunculkan ide-ide baru yang tak terpikir ketika sendirian dan membuahkan kegiatan yang mudah dieksekusi.

Kegiatan Ramadan Berbagi berawal ketika beberapa orang berkumpul di basecamp Pemuda Muhammadiyah Rejang Lebong sambil ngobrol tentang apa yang bisa dilakukan di bulan Ramadan sembari menunggu waktu berbuka puasa masuk di tahun 2018.

Berkumpul dan ngobrol itu membuahkan ide yang dieksekusi dalam bentuk kegiatan Ramadan Berbagi Lazismu, AMM Rejang Lebong di tahun 2018.

Di tahun 2020, MDMC atau Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah bergabung dalam kegiatan Ramadan Berbagi dengan memberikan edukasi dan sosialisasi tentang Covid-19 ke masyarakat yang ada di pedesaan.

Ada beberapa tujuan Ramadan Berbagi, pertama, berbagi kegembiraan di bulan puasa dan menyambut lebaran kepada masyarakat pedesaan yang ekonomi kurang mampu. Kedua, menumbuhkan jiwa peduli dan berbagi. Ketiga, berkumpul untuk merawat kebersamaan sebab tak ada yang tak bisa jika bersama.

dokpri
dokpri
Penyaluran donasi. Foto diambil dari facebook MDMC Rejang Lebong.
Penyaluran donasi. Foto diambil dari facebook MDMC Rejang Lebong.
Transparansi dan Berjejaring  

Berjejaring dengan bertemu langsung orang-orang yang mau berdonasi dan media sosial seperti whatsapp dan facebook menjadi sarana mengajak orang-orang berdonasi dengan membayar tunai atau transfer lewat bank.  

Donasi yang terkumpul dibelikan paket sembako yang diperlukan orang-orang di desa untuk menyambut lebaran. Paket sembako diberikan kepada orang-orang di desa yang ekonomi kurang mampu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN