Mohon tunggu...
Green Fajr
Green Fajr Mohon Tunggu... keterangan profil

menanti sebuah jawaban

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Nadiem Makarim, Berapa Lama Beliau Bertahan dari Mafia Pendidikan?

4 Desember 2019   00:12 Diperbarui: 4 Desember 2019   00:09 0 0 0 Mohon Tunggu...

Praktek jual beli ijazah sarjana di kampus swasta di Indonesia merupakan rahasia umum. Melalui pembayaran belasan juta, nama akan terdaftar di portal DIKTI, lalu kemudian tinggal menunggu beberapa bulan akan wisuda.

Tidak sedikit aparat ASN di Indonesia yang menggunakan jasa beli ijazah untuk penyesuaian golongan agar gaji pokoknya naik karena saat diangkat pegawai masih golongan 2 karena ijazah SMA.

Nadiem Makarim, namanya menjadi tenar di jagad Youtube selalu masuk algoritma  terekomendasi terkait video-video pembahasan jumlah kekayaannya sebagai founder startup Gojek. 

Dari sisi finansial orang ini telah "selesai" dengan dirinya. Ditelusuri mendalam, beliau pemuda 35 tahun ini ternyata adalah cucu seorang Perintis Kemerdekaan Indonesia, Hamid Algadri. ( sumber: https://www.idntimes.com/science/discovery/mirqotul-aliyah/hamid-algadri-kakek-nadiem-makarim-c1c2).

Saya pribadi termasuk yang meyakini keturunan baik menghasilkan generasi selanjutnya yang baik-baik pula, termasuk Nadiem Makarim tidak perlu diragukan lagi integritasnya.

Lalu mampukah beliau mengatasi semrawut dan kotornya dunia pendidikan Indonesia melalui sentuhan teknologi untuk mendeteksi kampus-kampus antarh berantah yang memperjualbelikan ijazah tanpa kuliah normal 4 tahun ke atas layaknya mahasiswa baru? kita tunggu saja gebrakannya...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x