Mohon tunggu...
Fajar Novriansyah
Fajar Novriansyah Mohon Tunggu... Pekerja biasa

sesungguhnya kekayaan Allah itu nyata, mari menulis lagi, makin banyak baca makin banyak tahu,

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Surat buat Adek

9 Mei 2021   21:08 Diperbarui: 9 Mei 2021   21:11 474 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Surat buat Adek
tangkapan layar. Dok Pribadi

Untuk Adiku tersayang. Rizky Di Kuningan

Yang kadang kadang nyebelin dan susah di beri pencerahan. 

Sedih jika dirunut setahun kebelakang, tepat satu tahun di 2 Syawal lalu sehari setelah lebaran , Mama pergi meningkalkan kita. sedih tak mampu mengantarkan ke peristirahatan terakhir lanataran kesulitan pulang mudik, bahkan sampai kini belum sekalipun kita dapat mengunjungi pusaranya. Mama berpulang dan dikebumikan di kampung halamannya di Semarang.

Banyak hal duka yang tidak dapat di ucapakan karena tahun ini nyaris sama seperti tahun sebelumnya, tak mampu pulang tak mampu berjabat tangan dan tak dapat sama sama menengok peristirhatan terakhir Mama. Rencana tinggal rencana.

Dek, jangan lupa ya lebaran nanti nyekar ke kuburan Bapak, sehubungan dikebumikan di Kuningan setidaknya Adek bisa pergi untuk sekedar bebersih areal makan. 

Lebaran adat di kampung halaman di Purwawinangun Kuningan Jawa Barat, biasanya dilakukan nyekar setalah shalat ied. Kadang di saat nyekar itulah kita berjumpa dengan sanak saudara yang kebetulan areal makam keluarga kita selalu satu komplek. 

Ya seperti yang dikabarkan tahun lalu, banyak handaitolan yang tidak mudik pula. Adek jangan lupa juga pergi ke makam Abah dan Mak ya, Jujur Aa kangen ingin pulang ingin jumpa, dan tentu nyekar ke pusara keluarga. 

Ziarah adalah salah satu pengingat kita jika yang hidup akan pergi. inget Dek sekalian bawa sapu atau arit ya, jangan sampai ada dirumputin makamnya Abah sama Mak, apalagi di penuhi daun bambu tah area si makam Bapak mah sebelahnya ruyuk awi.

Adek jangan lupa ya sholat nya di jaga, Karena diantara hal yang meringankan dosa orang tua adalah Doa anak anaknya yang shaleh, semoga kita dimasukan diantaranya yang mampu menolong orang tua kita. 

Adek jangan lupa Aa nitip bayar zakat di kampung. Aa juga zakat di sini tapi rasanya kurang afdol jikalau tidak zakat di kampung. bukannya sombong rasa terikat dan kebiasaan selalu zakat di kampung tidak pernah lupa, sesaat sesudah niat pakai bahas arab pasti pakai bahasa sunda. Terbanyang saat nulis ini Dek

Adek yang kadang suka Aa marahin karena kelakuan yang suka aneh aneh. Jaga badan ya jangan lupa kalau berpergian tuh pakai masker, jaga jarak dan nindari keramaian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN