Mohon tunggu...
Ekonomi Pilihan

Pasokan Tersendat, Harga Bawang Meningkat di Pasar Wahana

15 April 2019   06:00 Diperbarui: 15 April 2019   07:06 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pasokan Tersendat, Harga Bawang Meningkat di Pasar Wahana
Dokpri

Bandung -  Pasokan Bawang di dalam negeri ini menipis. Hal ini pun dikeluhkan pedagang di pasar Wahana Karya jalan Majalaya- Rancaekek Kab. Bandung Rancaekek karena pengiriman tersendat. Musim hujan yang masih berlangsung hingga bulan April ini membuat sejumlah harga keperluan pokok di Pasar Wahana Karya Jalan Majalaya- Rancaekek Kab. Bandung mengalami kenaikan.

Dari pantauan yang di lakukan oleh saya di Pasar Wahana Karya Rancaekek, kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan tersebut di antaranya bawang merah dan bawang putih. 

Di Pasar Wahana Karya ini, bawang merah yang sebelumnya Rp 24 ribu/ kg naik sebesar Rp 16 ribu menjadi Rp 40 ribu/ kg. Sementara harga bawang putih ikut meningkat dari harga Rp 24 ribu/ kg menjadi Rp 40 ribu / kg. 

Salah satu pedagang, Esih (51) mengungkapkan harga bawang merah dan bawang putih sudah meningkat dari satu minggu yang lalu. Naiknya harga tersebut secara drastis (14/4/19).

Melonjaknya harga bawang merah dan bawang putih di Pasar wahana Rancaekek disebabkan kurangnya pasokan bawang merah dan bawang putih dari petani.  Dengan demikian para pedagang terpaksa menaikan harga jual dengan resiko berkurangnya pembeli. Selama kurang lebih satu minggu kebelakang jumlah pembeli khususnya yang membeli bawang merah dan bawang putih mengalami penurunan. 

Dokpri
Dokpri

"Akibat naiknya harga bawang merah pembeli menjadi berkurang tidak seperti biasanya yang ramai membeli, ada pun yang membeli namun ia mengurangi jumlah pembeliannya" kata salah seorang pedagang di Pasar Wahana, Minggu (14/4/19).

Banyak dari masyarakat keberatan dengan naiknya harga bawang sekarang ini karena naiknya mendadak, mereka harus membayar lebih besar lagi dengan jumlah yang sedikit. Apa lagi, kualitas bawang yang ada di pasar tidak terlalu bagus. Mereka menyayangkan dengan naiknya bawang di pasaran.

"Saya cukup menyayangkan ya dengan naiknya bawang merah sekarang, banyak orang mengeluh soal ini. kalau bukan karena butuh saya udah tidak bawang sekarang ini. Tapi terpaksa saya beli walaupun tidak membeli banyak seperti biasa untuk keperluan masak," ujar salah seorang pembeli di Pasar Wahana (14/4/19).

Para pedagang cuma berharap pasokan bawang merah dan bawang putih bisa normal kembali, paling tidak pemerintah bisa memberikan pupuk yang bagus untuk para petani supaya hasil panen melimpah, kualitas dari bawang itu sendiri tidak buruk dan para pedagang bisa menjual kembali bawang dengan harga normal.