Mohon tunggu...
Faiz abdurrahman
Faiz abdurrahman Mohon Tunggu... Ilmuwan - Sedang mimpi

Kelayakan. Bukan apa-apa. Hanyalah saya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

"Ikigaki" Konsep Kehidupan Lebih Berwarna dan Berharga ala Jepang

7 April 2020   01:48 Diperbarui: 23 April 2020   17:08 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masa muda merupakan masa dimana manusia sedang gencar-gencarnya mencari jati diri, menggali-gali potensi, dan mencari sosok untuk dijadikan inspirasi.

"Saya sih yakin-yakin aja, anda semua kan akalnya sehat-sehat kan? Iya tidak? Pastinya punya tujuan, impian dan cita-cita dong untuk masa depan!!".


Diatas Ini merupakan motivasi yang dilontarkan pengurus saya sewaktu SMP, masih sangat ingat sekali ketika beliau mengucapkan ini reaksi pertama kali saya seperti tertampar tamparan yang amat keras. Sejenak saya berfikir dan merenungi ucapan tersebut,sehingga kalimat "akal sehat" yang terngiang-ngiang ini memotivasi saya untuk berusaha menciptakan kehidupan yang nan indah dimasa yang akan datang.


Sayangnya, betapa banyak dari kalangan anak muda yang masih meremehkan cita-cita, impian, dan tujuan hidupnya. Sehingga muncul pertanyaan "mau jadi apa saya?".

"Hidup kek nya gini-gini aja bangun,mandi,makan,tidur,sekolah,kuliah,udah". Wkwkwk

Tetapi hal ini bukan berarti menafikan semuanya, saya percaya diluar sana banyak juga anak-anak muda indonesia yang berprestasi.

 Seiring munculnya berbagai macam permasalahan tersebut, rasanya kita perlu mengambil pelajaran dari warga jepang dalam menjalani proses kehidupannya.

Mereka mempunyai motivasi yang maha besar, sehingga kehidupannya itu menjadi amat berharga dan tidak sia-sia dan bahkan mendorong mereka untuk tetap semangat dalam menjalankan pekerjaan, bahkan mampu bertahan dikehidupan yang lebih panjang. 

Apaan sih IKIGAI?

Nah, inilah senjata yang mereka gunakan dalam kehidupan ini,dalam bahasa Jepang, ikigai berasal dari dua kata, IKI yang artinya "hidup," dengan GAI yang berarti "menjadi berharga, atau "kehidupan yang berharga".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun