Mohon tunggu...
Muhammad Faiqal Rizky
Muhammad Faiqal Rizky Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ekonomi Syariah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ekonomi syariah sebagai solusi ekonomi dunia!

Selanjutnya

Tutup

Money

Menilik Eksistensi Fashion Muslim di Era Covid-19

20 Desember 2020   12:50 Diperbarui: 20 Desember 2020   15:10 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Indonesia sebagai negara yang beragama muslim terbesar dan terbanyak di dunia, menjadi sasaran empuk atau target pasar negara-negara lain yang bergerak dibidang industri-industri tak terkecuali industri fashion.

Ditinjau lebih lanjut Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lain, yang membuat Indonesia memiliki prestasi ke-3 di bidang fashion halal, tetapi hal ini masih membawa Indonesia berada dibawah negara Uni Emirat Arab dan Turki.

Berangkat dari hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk tetap berada di zona nyamannya. Indonesia harus lebih menggiatkan industri halal salah satunya pada bidang fashion.

Pandemi covid 19 merubah semua tatanan kehidupan, tak terkecuali dengan tren fashion halal di Indonesia. 

Era pandemi ini membuat para penjual di toko- toko atau department store kehilangan eksistensinya sebagai penjual dari salah satu kebutuhan pokok yakni "sandang". 

Pandemi Covid-19 pun tidak selamanya membawa hal-hal negatif, pandemi covid mengharuskan para produsen lebih menganalisis bagaimana agar usahanya tetap berjalan. 

E-commerce menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk mencegah adanya kerugian bagi penjual-penjual di dunia real.

 E-commerce bukan hanya mempermudah dan memberi untung berlipat bagi penjual, namun banyak pula menguntungkan pihak-pihak seperti jasa pengiriman yang menjadi penghubung antara penjual atau produsen dengan konsumen. 

Konsumen pun mengikuti fenomena yang sedang terjadi, maka berubahlah pola konsumsi yang sebelumnya masih banyak yang membeli ke toko-toko sekarang telah mengalami pergeseran yakni ke e-commerce.

Pada bulan Maret 2020, penjualan online melonjak 320% dari total penjualan online awal tahun. Lonjakan semakin tajam terjadi, penjualan online April 2020 tercatat meningkat 480% dari Januari 2020.

Desey Muharlina Bungsu ,Vice President Fashion Wanita Category Blibli, mengatakan  provinsi jawa timur sebagai salah satu provinsi di Indonesia menjadikan fashion muslim subkategori dengan pertumbuhan penjualan terkuat sebesar dua kali lipat pada semester I-2020

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun