Mohon tunggu...
Fahdini Firdaus
Fahdini Firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa yg sedang menempuh S1 di Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

KKN Tematik UPI 2022: Pembuatan Bisnis Hidroponik di Kelurahan Palasari

10 Agustus 2022   21:55 Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:45 326 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KKN Tematik UPI 2022 semester genap tahun akademik 2021-2022 Universitas Pendidikan Indonesia mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM". Diselenggarakan mulai dari Senin, 11 Juli 2022 s.d Rabu, 10 Agustus 2022. Kelompok KKN 53 memiliki tema "Desa Infrasturktur dan Inovasi".
 

Dengan tema tersebut, kelompok 53 memutuskan untuk memilih kelurahan Palasari sebagai target untuk pelaksanaan KKN. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak kelurahan, kelompok 53 diberi izin melaksanakan KKN dan membantu masyarakat di kelurahan Palasari sesuai dengan kendala yang dimiliki setiap RW. 

Salah satu kendala yang ada di kelurahan Palasari yaitu tanah yang kering dan kurang subur. Oleh karena itu, saya Fahdini Firdaus memutuskan untuk membuat program kerja berupa pembuatan hidroponik.

Beberapa keunggulan dari hidroponik adalah lahan yang digunakan bisa berupa lahan sempit maupun luas, hasil pertanian relatif lebih baik karena terhindar dari hama yg ada di tanah, sebagai alternatif ketika tidak tersedianya tanah di lingkungan sekitar. 

Penanaman hidroponik ini bisa dilaksanakan di rumah maupun di lahan kosong, dengan jumlah sedikit (skala kecil) bisa dijadikan sebagai penghijaun kecil-kecilan dan jika dalam skala besar bisa dijadikan sebagai bisnis.

dokpri
dokpri

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat yang ada di Kelurahan Palasari mengenai alternatif penghijauan ataupun berkebun yang bisa dilakukan walaupun tanah atau kualitas sumber daya alam sekitar kurang baik. 

Selain itu, hidroponik ini juga bisa dijadikan sebagai mata pencaharian ataupun bisnis sampingan untuk masyarakat setempat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan