Dalam dunia kerja, komunikasi merupakan skill wajib yang harus dimiliki tiap individu. Tanpa melihat di posisi apa kamu bekerja, Public Relation, Marketing, ataupun Logistik, skill komunikasi untuk mempermudah audiens mengerti pesan yang kamu deliver ke mereka. Skill komunikasi juga menandakan kamu seorang pekerja yang kredibel.
Pernahkan kamu bertanya mengapa miss komunikasi terjadi begitu masif? atau mengapa orang-orang tidak bertanya pada saat seorang presenter menjabarkan materi presentasinya? hal itu terjadi bukan tanpa sebab atau audiens tidak peduli ke pesan yang disampaikan, tapi pesan tersebut gak bisa dimengerti atau cara kamu menyampaikan tidak menarik perhatian mereka.
Dunia profesional memerlukan dan menuntut kamu untuk menyampaikan pesan secara menarik dari sisi visual, konten, dan konteks. Sebuah pepatah Irlandia mengatakan “Say little, and say it well”, yang jika diterjemahkan artinya katakan sedikit dan katakan dengan baik. 4 Tips berikut bakal bantu kamu buat presentasi yang menarik dan berhasil!
-
Perhatikan Audien, Susun Konten Kemudian
Memahami audiens sebelum presentasi adalah poin yang sangat krusial, kamu harus bisa menyimpulkan bagaimana model konten yang disukai mereka, bagaimana menarik perhatian mereka dalam 2 menit, dan cara mereka menanggapi materi yang kamu jabarkan. Jika kamu tidak bisa melakukan hal-hal tersebut maka dipastikan presentasi mu akan gagal.
Setelah karakter audiens sudah kamu pahami, maka selanjut kamu tinggal menyusun bahan presentasi kamu baik secara visual, materi, hingga pembuka dan penutup secara verbal. Penyusunan konten yang baik akan mendukung dan mempermudah cara kamu menjelaskan kepada audiens.
Mulai Dengan Percaya Diri
Percaya diri adalah poin penting untuk memulai presentasi, tanpa percaya diri presentasi kamu akan mengecewakan dan tidak diapresiasi audiens. Jaga kontak mata kamu dengan audiens, terlalu lama melihat layar menunjukkan bahwa kamu tidak memahami materi yang kamu sampaikan dan tidak percaya diri.
Untuk menjaga percaya diri jika terjadi kesalahan, mainkan gestur tubuhmu agar rasa antusias audiens tetap terjaga. Jangan ragu untuk menyampaikan dengan gaya komunikasi mu yang berbeda, karena itu adalah bagian dari menunjukkan percaya diri saat presentasi,
Sampaikan Dengan Gaya Storytelling
Inilah bagian paling menarik dari presentasi yang kamu sampaikan, materi formal yang kamu bawakan akan lebih menarik jika disampaikan dengan cara bercerita. Metode ini paling efektif untuk memantik perhatian audiens, presentasi kamu terlihat lebih natural dan tidak satu arah.