Mohon tunggu...
Fadhillah fadhillah
Fadhillah fadhillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

everyone can be anything

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Remaja Gaul dan Islami

27 November 2022   10:10 Diperbarui: 27 November 2022   10:46 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Remaja gaul dan islami

Masa remaja merupakan peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa, dimana pada masa remaja akan terjadi perkembangan fisik, emosional, mental, dan psikologis. Di masa ini akan banyak sekali pengalaman hidup, sehingga ini merupakan peluang kita sebagai remaja untuk meraih prestasi dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Remaja galau

Galau dan remaja memang 2 hal yang tidak dapat dipisahkan, masa remaja adalah masa-masa labil dimana harus memikirkan masa depan dan mencari jati diri. Mereka ingin tahu apa yang menjadi kelebihan serta kurangannya dan ingin tahu akan jadi apa kedepannya. Jadi remaja memang sebuah tantangan karena di satu sisi kita ingin bersenang-senang menikmati masa ini, tetapi disisi lain kita juga harus serius merpersiapkan masa depan.

Pergaulan Remaja Islami

Saat remaja kita memang dianjurkan untuk memperluas relasi dan pertemanan, namun kita juga harus pintar-pintar memilih teman, jangan hanya karena takut dianggap kurang update atau kurang pergaulan akhirnya terjebak dalam pergaulan bebas. Diibaratkan seperti jika kita dekat-dekat dengan penjual parfume maka kita akan ikut harum, tetapi jika kita berdekatan dengan dengan penjual oli maka kita akan ikut kotor. Begitu pula dengan pertemanan, jika berteman dengan orang yang baik, alim, dan pintar, maka kita akan termotivasi untuk melakukan hal positif dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, sebaliknya jika berteman dengan orang yang kurang baik maka kita akan cenderung termotivasi untuk berbuat hal yang tidak baik.

Ingat!! harus seimbang antara belajar dan bermain, kita boleh saja memiliki banyak teman tetapi tidak lupa pada kewajiban kita yaitu belajar, berbuat baik kepada orang lain, dan melakukan kegiatan-kegiatan postif. Dalam berteman juga tentu harus memperhatikan batasan-batasannya dan harus mengerti etika pergaulan. Dalam berteman kita harus saling mengingatkan dalam kebaikan, menjaga kehormatan, menjauhi tempat-tempat yang tidak baik, dan menjauhi diri dari maksiat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun