Mohon tunggu...
Fadhil Ismail P
Fadhil Ismail P Mohon Tunggu... Hanya seorang penggemar Kereta

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030067

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Mengenal Lebih Dekat KA Batara Kresna

21 Maret 2021   08:40 Diperbarui: 21 Maret 2021   09:02 604 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Lebih Dekat KA Batara Kresna
KA Batara Kresna saat melewati Jalan Slamet Riyadi,Solo (dok.pri)

Rail Bus Batara kresna adalah layanan rail bus milik Pemerintah Kota Surakarta yang melayani lintas Purwosari- wonogiri. Rail bus ini adalah rail bus kedua di Indonesia setelah Rail Bus Kertalaya di Sumatra Selatan.

Rail Bus Batara Kresna atau yang biasa disebut juga sebagai KA Batara Kresna ini diperkenalkan kepada publik pada tanggal 26 Juli 2011 dan diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI Freddy Numberi, di Surakarta bersama dengan bus tingkat pariwisata.

Pada awalnya, kereta ini mulai beroperasi pada tanggal 5 Agustus 2012 dengan rute Sukoharjo- Purwosari- Tugu Yogyakarta. Karena ada jembatan kereta api yang sedang diperkuat antara Stasiun Pasarnguter-Stasiun Wonogiri, untuk sementara kereta ini hanya sampai Stasiun Sukoharjo.

Kereta Api Batara Kresna ini kemudian berhenti beroperasi sekitar awal tahun 2013, Setelah mangkrak sejak Oktober 2012 karena generator rangkaian kereta yang sering rusak. kereta Batara Kresna kemudian dibawa ke pabrik PT INKA di Madiun untuk diperbaiki.

Hingga 2015 kereta ini hanya dikandangkan di depo lokomotif Solo Balapan, sampai pada akhirnya PT KAI memutuskan untuk mengoperasikan kembali kereta tersebut. Saat ini kereta batara kresna telah beroperasi kembali dengan rute Purwosari-Wonogiri PP.

 Rincian stasiun pemberhentian KA Batara Kresna yaitu Stasiun Purwosari, Solo Kota, Sukoharjo, Pasar Nguter, dan berakhir di Stasiun Wonogiri. Kereta ini berjalan 2 kali sehari pulang pergi baik dari Purwosari-Wongiri maupun sebaliknya, dengan jadwal dari purwosari pukul 06.00 dan 10.00 sedangakan dari wonogiri pukul 08.00 dan 12.00.  

 Pada saat masa pandemi Covid 19, KA Batara kresna ini sempat berhenti beroprasi dan mulai beroprasi kembali pada januari 2021. Kereta ini merupakan satu satunya kereta yang menghubungkan antara solo dengan wonogiri dan uniknya kereta ini melewati sepanjang jalan Slamet Riyadi Solo.

Keunikan selain melintasi rel di Jalan Slamet Riyadi, Kereta Api Batara Kresna ini terkadang memanfaatkan rangkaian cadangan Prameks seperti KRDI dan KRD MCW dikarenakan rangkaian kereta yang membutuhkan perawatan lebih mengingat medan yang ditempuh.

Mulai akhir Juni 2019, KRD MCW yang sebelumnya menjadi cadangan layanan ini telah ditarik kembali untuk pembuatan Kereta Inspeksi bersama dengan KRD MCW dari Surabaya. Sekarang, apabila rangkaian asli layanan ini mengalami kerusakan, maka layanan KA ini dibatalkan pada hari tersebut.

Kereta Batara kresna ini tarif nya cukup terjangkau yaitu hanya Rp.4000 sekali perjalanan baik dari Purwosari-Wonogiri maupun sebaliknya. Tiketnya sendiri bisa dipesan melalui apliasi KAI Accses ataupun Go Show di loket stasiun keberangkatan.

Waktu tempuh kereta ini yaitu sekitar 1 jam 45 menit dengan jarak 37 km. kecepatan rata rata kereta ini yaitu 20 hingga 30 km/jam. kereta ini bisa dibilang berjalan perlahan mengingat medan yang ditempuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x