Mohon tunggu...
Fadel Zifa Zila
Fadel Zifa Zila Mohon Tunggu... Seorang Mahasiswa

Belajar dan belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Rangkuman Catatan Materi Pra Resep

13 Juni 2021   21:06 Diperbarui: 13 Juni 2021   21:13 38 0 0 Mohon Tunggu...

Nama : Fadel Zifa Zila

GB 6

Tanggung Jawab Kaum Intelektual

Tanggung jawab dilihat dari definisinya yaitu kesadaran manusia akan tinkah lakunya atau perbuatan baik yang disengaja maupun tidak sengaja dia lakukan. Kaum intelektual sendiri adalah kaum yang memiliki peran dalam menggunakan kecerdasan yang dia miliki untuk menjalakan misinya sebagai agent of change (agen perubahan), seorang kaum intelektual adalah orang yang peka dan senang membantu orang lain. Sebenarnya semua manusia merupakan kaum intelektual namun ada beberapa yang menjalanakan perannya.

Apakah mahasiswa termasuk dalam kaum intelektual?

Ya, mahasiswa termasuk sebagai kaum intelektual dan sebagai agent of change memiliki tanggung jawab untuk menjalankan perannya

Mahasiswa merupakan seorang yang kritis dan aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan, maka daripada itu, untuk menjadi seorang mahasiswa yang intelektual dia memerlukan 3 hal yaitu :

  • Pengetahuan (Knowledge)
  • Perasaan (Afektif)
  • Kemampuan (Psikomotorik)

Seorang mahasiswa dapat menerapkan dirinya sebagai kaum intelektual dengan berbagai cara seperti:

  • Ikut serta dalam kegiatan kemahasiswaan baik itu dalam bidang akademik atau non-akademik
  • Mengambil peran dalam perubahan dilingkungan sekitarnya
  • Berposisi diantara masyarakat dan pemerintah

Kerangka Berpikir Ilmiah

Kerangka berfikir ilmiah jika dilihat dari definisi setiap katanya dapat diketahui dari kata kerangka merupakan sesuatu yang menjadi penyusun dasar sehingga yang lain dapat berdiri. Kemudian, kata berpikir merupakan suatu proses untuk memperoleh dan memahami sebuah pengetahuan. Sedangkan, untuk kata ilmiah yaitu suatu hal atau pernyataan yang bersifat keilmuan dan sesuai dengan kenyataan yang ada. Sehingga jika definisi dari kata-kata tersebut digabung dapat disimpulkan bahwa kerangka ilmiah adalah suatu yang membahas secara mendalam mengenai proses untuk memperoleh pengetahuan yang sesuai dengan kebenarannya.

Kenapa materi mengenai kerangka berpikir ilmiah sering diadakan saat materi awal pada sebuah kegiatan mahasiswa. kerangka berpikir ilmiah penting untuk diketahui  karena dapat membantu dalam hal penyelesaian permasalahan sehingga diletakan di awal materi agar permasalahan selesai lebih dulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN