Mohon tunggu...
Elpiana Harefa
Elpiana Harefa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa (Adm. Publik) - Universitas HKBP Nommensen Medan

Jalani, Lewati, dan Teruskan! Jangan Lihat Ke Belakang, Pandanglah Ke Depan dan Lihatlah Secercah Cahaya Penuh Harapan Pemberi Semangat!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengunjungi Goa Jepang dan Goa Belanda di Taman Hutan Raya, Kota Bandung

2 Desember 2022   13:52 Diperbarui: 2 Desember 2022   14:03 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Taman Hutan Raya Bandung adalah salah satu taman yang luas yang ada di Kota Bandung  dan cukup terkenal dengan berbagai yang ada didalamnya. Didalamnya ada banyak jenis pepohonan dan hewan yang dijaga kelestariannya hingga goa jepang dan goa belanda yang dibuat pada zaman masa penjajahan.

Goa Jepang merupakan goa pertama yang dilewati, pada kisah sejarah singkat Goa Jepang dibangun pada awal penjajahan negara Jepang terhadap Indonesia pada tahun 1942 dan dibangun oleh karena kebijakan kerja paksa romusa yang sangat menyengsarakan rakyat Indonesia pada kala itu. Goa Jepang jika kita memasuki kedalamnya terlihat bahwa goa tersebut masih belum siap dibangun, sehingga ukurannya sekitar 350 meter dan lebih kecil dibanding dengan Goa Belanda yang ukurannya 750 meter. Bangunan Goa Jepang tidak begitu permanen, karena belum selesai tahapan pembangunannya. Di dalam Goa Jepang terdapat sebuah lobang kecil yang terlihat jelas dan berfungsi sebagai lobang pelarian (lobang rahasia), ada lagi ruang istrahat para tentara Jepang saat malam hari.

Selanjutnya, beralih ke Goa Belanda yang jarak antara Goa Jepang menempuh kesana lumayan dekat dengan kisaran < 750 meter. Goa Belanda dibangun pada tahun 1901 pada saat kebijakan kerja Rodi dibuat oleh pemerintahan Belanda pada kala itu. Di dalam Goa Belanda terdapat banyak ruangan yang memiliki fungsi tertentu, salah satu ruangan untuk para tahanan yang dulunya jika mendapati kesalahan serta masih banyak ruangan-ruangan khusus lainnya.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun