Mohon tunggu...
Eko Raharjo
Eko Raharjo Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis yang sedang Belajar Menulis

Fast Learner, Researcher, Risk Examiner, Lecturer, Copywriter

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Cerdik Membelanjakan THR

12 Mei 2020   11:18 Diperbarui: 12 Mei 2020   11:30 46 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : tegalberita

Meskipun peraturan menteri Tenaga kerja menyebutkan ada berbagai macam cara untuk perusahan untuk dapat memberikan Tunjangan Hari Raya (Selanjutnya di sebut THR) kepada karyawan nya di masa pandemic covid-19 ini, namun tentunya bagi anda yang tetap menerima THR harus disyukuri karena di tengah2 ribuan orang yang mungkin kehilangan kesempatan menerima THR. Lalu apa yang harus dilakukan setelah menerima THR tersebut.

1. Anggarkan Pengeluaran Lebaran 

Sebagaimana tradisi lebaran, maka mulai saat ini mulailah memiliki rancangan pengeluaran untuk apa saja uang THR kali ini. Dengan Menganggarkan setidak nya kita mengetahui mana pos -- pos yang penting dan tidak penting, terlebih lebaran saat ini dalam kondisi yang kurang kondusif.

2. Tidak ada Mudik ( lebih Hemat ) 

Dengan adanya larangan mudik, maka bagi penerima THR setidaknya bisa lebih berhemat. Alokasi THR yang sebelumnya digunakan untuk Mudik dapat ditabung terlebih dahulu jika memang ada rencana mudik / pulang kampong beberapa bulan kedepan setelah pandemi ini berakhir.

Usahakan jangan berhutang demi untuk memenuhi kebutuhan lebaran saat ini, maksimalkan saja uang THR ada kepada pos-pos yang lebih bermanfaat dan memiliki dampak signifikan.

3. Memaksimalkan untuk Bayar Hutang 

Bagi beberapa orang, adanya tanggung jawab untuk cicilan atau hutang mengharuskan untuk memikirkan ulang alokasi THR ini untuk hal ini. Untuk orang-orang yang mungkin penghasilannya sedang berkurang karena dampak covid-19 maka hampir semua pendapatannya mungkin untuk pelunasan hutang, momen THR saat ini dapat menjadi sarana untuk mengalokasikan kembali pembayaran hutang terlebih dahulu, sehingga setidaknya dapat mengurangi beban beberapa bulan kedepan.

4. Anggarakan untuk Sedekah 

Dimasa saat ini, mungkin anda termasuk orang beruntung jika masih bisa menerima THR. Jadikan momen THR saat ini sebagai momen untuk memperkuat mental anda dengan memiliki mental berkelimpahan melalui sedekah.

Konon Sedekah dapat memperkuat jiwa lebih bersyukur dan menarik pikiran --pikiran postif lainnya sehingga setidaknya hal positif semacam ini perlu kita kedepankan sebagai panduan\.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan