Mohon tunggu...
Wahyu Puji Yuwono
Wahyu Puji Yuwono Mohon Tunggu...

berfikir, tumbuh dan sederhana

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Tips Meninggalkan Kucing Disaat Mudik

11 Juli 2015   08:41 Diperbarui: 11 Juli 2015   10:09 533 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Meninggalkan Kucing Disaat Mudik
Score card

Kamu bingung saat mau mudik bersama keluarga tapi belum tahu nanti siapa yang bakal merawat Kucing sewaktu ditinggal ? 
Pengalaman saya dahulu sewaktu belum tahu kebutuhan apa saja dimata kucing sewaktu ditinggal sendirian , sepulang dari kampung selama 1 minggu Eh.. itu kucing kok berubah jadi Emak yang suka ngomel ;) lama lagi ! tapi habis itu ngelendot time lebih lama ( mungkin berasa kangen jarang ada yang elus ). Agar tidak terulang kesalahan sama seperti saya berikut adalah beberapa tips yang layak untuk dicoba, Oh iya nanti setiap tips juga disesuaikan dengan seberapa lama kita akan meninggalkan rumah, apakah cuma 1 hari, 3 hari, 1 minggu bahkan sampai 2 minggu. Berikut adalah Tipsnya =

 

Courtesy : Keluarga Mak Sang Sang

1. Buat Dahulu Score Card

Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa orang yang nantinya akan kamu mintai bantuan melaksanakan sesuai dengan yang kita inginkan.misalnya titik spot biasanya kucing makan itu dimana, mangkuk minumannya perlu diganti berapa kali, kapan saja jam-jam kucingmu biasanya mengajak bermain. Tempat tidurnya itu dimana saja sih.. tempat atau hal-hal yang kamu anggap bisa menjadi ancaman kucing perlu ditulis lho ya ! Terkesan lebay ..? Hmm enggak kok justru kita sedang belajar manajemen perfect, orang luar negeri biasa mengerjakan hal seperti ini Sob !

2. Baik-Baik Deh Sama Tetangga 

Ini sebenarnya mutlak harus dilakukan tidak hanya ketika kita sedang butuh saja, setiap hari kita memang harus bersikap santun, termasuk juga pada tetangga yang tidak suka kucing. Tujuannya agar dia segan ketika kita rajin menyapa ataupun ketika kucing kita sedang lewat dihadapannya ( minimal dia tidak menyakiti kucing )

Tetangga yang pengertian, pasti dia tidak akan menolak apabila diminta bantuan oleh kita untuk sekedar memberi makan Kucing peliharaan kita sewaktu pagi dan sore hari saja. Tentu dengan sebelumnya kita berikan stok makanan kucing + uang lelah. Pengalaman, jangan pernah memberi “uang mentah”nya saja karena nanti bisa disalahgunakan dan kucing kita tidak sejahtera kecuali kalau kita memang benar-benar sudah kenal baik dengan tetangga kita tersebut yang notabene tidak sedang mudik (pribumi/sedang gantian )

Disamping itu, menjadi Penyayang Kucing sebenarnya membentuk kita menjadi orang yang harus menghormati orang lain karena kucing bukanla hewan peliharaan kandang yang harus terus berada didalam ruangan, dia suatu saat pasti bermain ke tempat orang lain

Kalau ini persiapan yang harus dilakukan minimal H-10, kalau mendadak nanti kita ketahuan sedang ada maunya. Jika ditempatmu bisa menemukan CATsitter, hal tersebut akan lebih mudah, tarifnya mungkin bersahabat ( belum pernah coba )

3. Kasih Tambahan Jobs Buat Pak Satpam

Mirip dengan point diatas, hanya saja berlaku pada Sobat Meongers yang tinggal di kompleks perumahan. bedanya adalah pada pendekatannya, disini sudah menjadi tugas bagi para security untuk mengamankan lingkungan beserta jiwa-jiwa yang ada didalamnya. Kalau misalnya ada burung tetangga yang lepas, ikan dikolam yang hilang ataupun terjadi apa-apa dengan kucing kita selaku anggota komplek perumahan tersebut (terjadi tanpa sepengetahuan kita) sebenarnya hal itu adalah beban moral bagi Satpam yang baik, Setuju ??

Sebaiknya koordinasikan terlebih dahulu jauh-jauh hari ( ciyee..bahasanya ) mampirlah ke Pos Jaga pada H-10 lalu H-3 diingatkan lagi Juknisnya. tentunya disamping membawa stock makanan kucing dan uang lelah jangan lupa untuk sebungkus rokok kesukaannya sebagai tanda persahabatan. Catmin jamin deh, nanti kamu bakal pergi mudik dengan hati tenang karena si Kucing akan sejahtera dibawah perlindungan dan pengawasan Pak Satpam. Oh iya, betul kan kalimat saya diatas ? menjadi penyayang kucing itu secara tidak sadar menjadikan kita pribadi yang disenangi banyak orang ;)

4. Tutup Semua Pintu dan Lubang yang Bisa Menjadi Akses Keluar Masuk

Ini HANYA berlaku kalau kamu dan sekeluarga mudiknya cuma 1 sampai 2 hari saja lho ya. Lebih dari itu tolong jangan dilakukan. Jika kucingmu biasa keluar rumah pada hari normal. Sebaiknya ketika kamu mudik dia dimasukan didalam rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika dianggap perlu silakan buat kandang khusus bagi kucing.cuma perhatikan tentang sebuah hadist yang mengisahkan tentang seorang perempuan yang masuk neraka gara-gara mengurung didalam kandang dan tidak diberi makan hingga akhirnya mati (jangan ditafsirkan secara dangkal )

Kucing “outdoor” memang lebih mudah mendapatkan kecelakaan seperti berkelahi dengan kucing lain, digigit anjing dst. kamu tidak ingin pergi mudik dengan perasaan bersalah kan ? 

Pilih mau yang beli atau buat sendiri

5. Siapkan Yang Serba Auto! 

Tidak cuma manusia saja yang teknologinya berkembang, untuk memenuhi kebutuhan dasar kucing sekarang juga ada lho yang namanya Auto Dispenser untuk minuman dan Auto Pet Feeder untuk makanannya. Apalagi dimusim kemarau seperti ini, air akan dikonsumsi lebih banyak oleh kucing ditambah kemungkinan kucing yang akan terkena stress akibat menemukan suasana yang berbeda dari biasanya (sepi/ditinggal) untuk itu sebaiknya sediakan setting kebutuhan makanan dan minuman untuk 2 hari kedepan.

Tidak harus beli lho ya, Catlovers itu selain dituntut baik pada orang lain juga mesti dipaksa buat cerdas untuk membuat sendiri, Cuma kelemahannya adalah kita tidak bisa mensetting pada waktu-waktu tertentu dan jumlah yang diinginkan, takutnya jadi mubadzir apabila diberikan sekaligus dalam 1 hari. 

Disamping makanan dan minuman yang disediakan secara auto, ada juga mainan yang sifatnya auto, misalkan ada permainan bola yang bisa dimainkan kucing dalam lintasan, bulu yang bisa berputar sendiri, robot kucing yang bisa keluar masuk sendiri dari kardus, mainan laser yang bisa berputar sendiri , pokoknya yang serba sendiri-sendiri deh....Tips ini sebaiknya dilakukan pada H-2 menjelang H-1. Jadi pilihlah secara bijak sesuai kebutuhanmu !

 

Point 6, 7, 8 dan 9 Langsung ke Sumbernya

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x