Mohon tunggu...
Tri Rahayu ( Mbak Lily)
Tri Rahayu ( Mbak Lily) Mohon Tunggu... Freelancer - Frelance writer

Penulis lepas, konten creator

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

4 April 2024   20:34 Diperbarui: 4 April 2024   20:38 789
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumen Pribadi 

Bagi kita perantau, entah sudah memiliki rumah di perantauan dan sudah berpindah KTP setempat atau belum. Mudik lebaran merupakan moment yang sangat di tunggu dan tentunya memerlukan persiapan matang sebelumnya. Persiapan apa saja yang diperlukan sebelum kita meninggalkan rumah mudik lebaran agar kita bisa meninggalkan rumah dengan aman dan tenang.

1. Pesan tiket dan persiapkan akomodasi dengan baik. 

Jika kita mudik dengan menggunakan mobil atau motor, pastikan kita sudah menservis kendaraan kita dengan baik ke bengkel sebelumnya. Kendaraan yang fit akan menyamankan perjalanan kita. Jangan sampai kita meninggalkan rumah dengan mengendarai kendaraan yang kurang baik karena belum dibengkelkan. Hal itu sama saja melakukan hal yang mubadzir. Membayangkan kendaraan kita mogok di tol misalnya atau kesulitan saat naik tanjakan tentu saja mengerikan. 

2. Cek keamanan masalah listrik sebelum meninggalkan rumah. 

Jika memungkinkan kita tidak mengisi kulkas jika kita mudik dalam jangka waktu lama. Mengapa demikian? Karena biasanya kulkas sebagaimana AC selalu on. Sebagaimana kulkas sebaiknya kita juga mematikan AC juga kabel lainnya. Kecuali penerangan yang memang di perlukan secukupnya saja tetap dinyalakan.

3. Melepas regulator gas.

Demi keamanan, alangkah baiknya jika kita melepas regulator gas kita. Gas bisa ditutup dengan pastik lalu dipasang kembali tutupnya. Setelahnya bis akita tutup dengan lap yang sudah kita basahi.

4. Bagaimana jika kita memiliki hewan peliharaan yang harus kita beri makan? 

Kita bisa memberi makan yang cukup, meminta bantuan tetangga untuk memberi makan atau dititipkan ke tempat penitian hewan jika ada misalnya penitipan kucing.

Sumber gambar: Dokumen Pribadi 
Sumber gambar: Dokumen Pribadi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun