Mohon tunggu...
Eveline Yulianti Bayu
Eveline Yulianti Bayu Mohon Tunggu... Karyawan swasta yang mencitai budaya dan traveling.

Always look at the bright side https://evelinegoesholiday.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Let's Go Camping: Tiga Malam, Tiga Pantai

19 Maret 2020   15:38 Diperbarui: 19 Maret 2020   15:40 91 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Let's Go Camping: Tiga Malam, Tiga Pantai
Dok. pribadi (hasil screenshoot)

Oleh: Eveline Y. Bayu

Berlibur ke Australia, saya hanya membayangkan mengunjungi seorang teman yang tinggal di kota kecil. Selebihnya saya tidak punya gambaran apa-apa karena ini kunjungan pertama saya. Ternyata saya mendapatkan liburan yang unik bagi saya, yang tidak mungkin saya lakukan di Indonesia, yaitu berkemah di tepi pantai. Orang Australia senang berlibur dengan mengendarai caravan dan menginap di tepi lantai.

Mobil 4WD dimodifikasi menjadi kendaraan yang nyaman untuk camping. Di bagian atas bak, terdapat tenda yang nyaman untuk tidur. Apabila tali pengunci tenda dibuka, maka secara otomatis tenda akan terbentuk (hidrolik) dan siap digunakan. Di dalam tenda sudah terdapat kasur untuk tidur. Tenda memiliki jendela dengan kasa, sehingga serangga tidak dapat masuk. Apabila hujan, kita dapat menutup sebagian atau seluruh jendela agar air hujan tidak masuk ke dalam tenda. 

Bak belakang digunakan untuk menyimpan box berisi peralatan dapur, box pendingin yang berfungsi sebagai kulkas, kursi dan meja portable, kompor dan tabung gas, serta tangga untuk naik ke tenda. Box pendingin terbagi menjadi dua kotak di dalamnya. Kotak pertama berfungsi sebagai kulkas, untuk menyimpan makanan. Box kedua berfungsi sebagai freezer untuk menyimpan minuman dingin dan es. Box kedua dapat diubah fungsinya sebagai kulkas juga. 

Bagian atas samping mobil terdapat semacam terpal dengan dua tiangnya. Ketika terpal tersebut dipasang, berfungsi sebagai atap. Apabila tidak digunakan, terpal tersebut digulung. Tra...la..la..la... dan kita siap camping di caravan park tanpa harus menggunakan mobil caravan.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Night 1: Armstrong Beach

Hari pertama, kita akan camping di Armstrong Beach. Kita menuju Sarina untuk berbelanja bahan makanan, kemudian kita menuju ke Armstrong Beach Caravan Park, sekitar 15 menit. Armstrong Beach Caravan Park terletak di 66 Melba Street, Armstrong Beach, Queensland 4737 Australia. Biaya menginap semalam AUD30. Disini terdapat akses langsung menuju pantai. Di sekitar caravan park adalah perumahan penduduk. Sayangnya di tepi pantai terdapat semak belukar dan tumpukan tanaman serta daun kering yang menjadikan kawasan ini banyak nyamuk.

Armstrong beach menghadap ke timur, sehingga di pagi hari kita dapat menikmati matahari terbit dari tepi pantai. Pasirnya berwarna coklat muda. Terdapat bangku dan meja dari kayu di tepi pantai. Ketika saya disana, pantainya sepi, tidak ada satu pengunjungpun. Serasa punya private beach... he..he...he...

Armstrong Beach | Dok. pribadi
Armstrong Beach | Dok. pribadi

Ditengah area caravan park terdapat bangunan yang menyediakan fasilitas umum bagi para tamu. Fasilitas yang terdapat di Armstrong Beach Caravan Park :

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5
    6. 6
    7. 7
    VIDEO PILIHAN