Mohon tunggu...
Eva Rahayu
Eva Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - WIZ.AI

I'm a results driven individual who finds creative and efficient ways to achieve marketing objectives & sales target by deep diving into data. I've a penchant for technology and customer lifecycle, crafting a compelling narrative and amplifying value propositions in the products that I market.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Teknologi Administrasi Masa Depan

13 Agustus 2021   10:24 Diperbarui: 13 Agustus 2021   10:26 77 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teknologi Administrasi Masa Depan
Sumber: WIZ.AI

Apakah anda masih ingat saat di mana Google Duplex mencengangkan seluruh penonton ketika ia berhasil melakukan pembuatan janji dengan seorang hairstylist? Bukan lagi hanya mimpi orang-orang introvert, hal ini juga merupakan tanda terobosan teknologi yang sangat penting. Kehadiran AI sudah mempermudah berbagai hal dari sisi konsumen seperti Asisten Virtual , Mobil dengan kendali otomatis, hingga perangkat-perangkat smart home, smart cities, dan infrastruktur "Smart" lainnya. Lalu bagaimana dengan kegunaan AI untuk bisnis?

Otomatisasi Sistem Booking (Buat Janji otomatis)

Sumber: Freepik.com
Sumber: Freepik.com

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada menunggu pelanggan yang sudah membuat janji, yang ternyata membatalkan pertemuan secara sepihak tanpa memberitahu anda. Setiap klien yang membatalkan pertemuan pada sesaat sebelum pertemuan adalah kesempatan bisnis yang sia-sia. Bukan hanya karena janji yang dibatalkan, tapi juga karena waktu dan tenaga yang terbuang untuk mempersiapkan pelayanan bagi klien yang ujung-ujungnya membatalkan pertemuan. Jika klien tersebut membatalkan pertemuan lebih cepat, anda dapat mengalihkan waktu dan tenaga untuk melayani pelanggan lain, atau bahkan melakukan reschedule untuk pertemuan dengan pelanggan tersebut.

Dengan adanya sistem booking ada beberapa aspek pembuatan janji yang dapat diotomatisasi, tapi tetap dibutuhkan admin yang harus siap standby menangani sistem tersebut. Tapi, pembatalan janji pada menit-menit terakhir masih menjadi masalah. Bisa dibilang cara terbaik untuk mitigasi pembatalan janji adalah dengan menelpon pelanggan beberapa waktu sebelum pertemuan untuk mengkonfirmasi status booking mereka. Tapi hal ini hanya dapat dilakukan jika perusahaan mempunyai tenaga kerja yang cukup yang tidak dimiliki oleh kebanyakan perusahaan-perusahaan dengan ukuran kecil dan menengah. Pengingat janji pertemuan adalah hal yang sangat berguna dalam memastikan pelanggan menepati janji pertemuan, dan merupakan hal faktor penting dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan anda. Jadi, bukankah akan sangat baik jika proses manajemen janji pertemuan dapat sepenuhnya dilakukan dengan otomatis?

Untuk mengotomatisasi manajemen pembuatan janji ada beberapa sistem yang dapat digunakan. Salah satunya adalah penggunaan sistem AI  yang ditawarkan beberapa pengembang  seperti Google duplex, Presence AI, Atau WIZ.AI yang membangun sistem Voice AI talkbot dengan teknologi AI terkemuka seperti teknologi Machine Learning, Natural Language Understanding, Automatic Speech Recognition, dan Interactive Voice Response (IVR). Teknologi Talkbot ini didesain untuk membantu perusahaan menghubungi pelanggan dalam jumlah besar lewat panggilan telepon untuk mengkonfirmasi status booking mereka, dan juga mengurangi pembatalan janji pada menit-menit terakhir. Dengan teknologi ini perusahaan dapat secara signifikan memaksimalkan tingkat kehadiran pelanggan, dan meminimalisir masalah administrasi yang disebabkan oleh pembatalan janji di saat-saat terakhir.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa membuat aplikasi sistem pembuatan janji adalah salah satu cara untuk mengelola jadwal pertemuan yang banyak. Tapi, akan selalu lebih baik jika perusahaan melakukan kontak terlebih dahulu. Inilah mengapa Talkbot merupakan menjadi pilihan yang tepat. Ketika kita dapat menghubungi pelanggan pada waktu yang ideal, perusahaan dapat melakukan penyesuaian jadwal yang dibutuhkan yang dapat  meningkatkan efisiensi kerja secara signifikan.  Lebih dari itu, menelepon pelanggan untuk mengkonfirmasi pertemuan dapat membantu pelanggan merasa lebih tenang dan diapresiasi, yang akhirnya akan memberikan kesan positif bagi pelanggan, dan membuat perusahaan terlihat tulus dan proaktif. Inilah standar kualitas layanan pelanggan yang harus dipenuhi oleh perusahaan. 

 

A.I. untuk mempermudah seluruh aspek pembuatan janji

Sumber: Pixabay.com
Sumber: Pixabay.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan