Euis Fadilah Pabalatakk
Euis Fadilah Pabalatakk Mohon Tunggu... Wiraswasta - Petualang Air 😍

Lagi belajar nulis Lagi ngebiasain baca Lagi2 mikirin si diaa 😌 #kepoo follow IG gue @c_pabalatakk

Bogor, di Sentul Mantul (1 Hari 5 Curug)

25 April 2019   13:27 Diperbarui: 25 April 2019   13:53 205

Sabtu itu cerah 13 April 2019, seceria pikiranku membayangkan kolam air bukan buatan yang hijau  tapi dalam yang  dingin tapi semua ingin. Ingin melihatnya lebih dekat, ingin menikmatinya lebih erat. Byuuur nyebuuur.

Perjalanan ini bukan bareng teman main atau ikut trip dari komunitas Backpacker Jakarta seperti biasanya, kali ini untuk yang pertama gabung dengan grup Bekpeker Curug Adventure. Alasan pertama yang buat aku harus ikut adalah karena 5 curugnya, dan kedua karena sentulnya lebih tepatnya karena dulu pernah gagal. Haha dulu jauh-jauh motoran dari Jakarta berempat ke sentul tidak sesuai rencana (udah gitu ajah).

Jam 05.10 aku berangkat dari kosan menuju stasiun Kemayoran yang cuma 5 menitan ditempuh dengan jalan kaki. Ternyata kereta pertama tujuan Bogor dari arah Jatinegara baru tiba 05.35 dan tiba distasiun Bogor 07.40. Walaupun meeting point stasiun Bogor 07.30 tapi karena isi perut terdengar ribut kakiku jadi berbelok arah ke gerobak bubur yang tidak jauh dari stasiun. Nyam nyammm nyabuuuu.

Angkot sudah terparkir didepan stasiun tepat disamping KFC. Tepat jam 8.25 kita berangkat menuju sentul tujuan curug leuwi hejo,  curug leuwi cepet,  curug leuwi lieuk,  curug cibaliung dan curug ciung. Yey akhirnya jam 09.45 kita sudah sampai diparkiran wisata curug.

dokpri
Setelah istirahat sebentar kira-kira 10 menit disebuah warung,  kita langsung melanjutkan perjalanan. Tidak jauh dari parkiran itu ternyata ada 2 curug yang jaraknya tidak sampai 10 menit, namun berlawanan arah yaitu curug leuwi hejo dan curug leuwi cepet. Mengikuti petunjuk dari Dede Ulut kita diarahkan menuju curug leuwi cepet terlebih dahulu. Disana kita hanya berfoto bersama sebentar,  sebagian ada yang sudah menyebrang dan tidak ikut bergabung.

Setelah menyebrangi aliran curug leuwi cepet tibalah kita dicurug leuwi lieuk. Dan saat berangkat kita hanya menyebrangi aliran sungainya saja, tetapi saat arah pulang rasanya aku tak mau sekedar lewat.  Terlanjur basah... Aku dan temanku Elvi, kita berdua menyewa plampung karena menurut info kedalamannya sekitar 4 meter.

Lalu kita berlanjut ke curug cibaliung, dicurug inilah kita istirahat, makan dan berenang.  Kira kira kita sampai dicurug cibaliung pukul 11.15. Sekitar 12.30 aku mulai main air, berfoto dan bercanda bersama yang lain. oh iya,  jumlah peserta trip kali ini seharusnya 22 orang, tapi 3 orang berhalangan hadir.

Tidak lebih dari 60 detik dari curug cibaliung kita sudah sampai dicurug ciung. Aliran air dicurug ini cukup deras. Kalau tidak hati hati kita bisa terbawa arus dan jatuh ke curug cibaliung. Yang kedalamannya kurang lebih 7 meter.

Pukul 14.00 kita bersiap turun menuju curug leuwi hejo,  karena sudah sore dan lelah juga,  sebagian ada yang langsung ganti baju dan beristirahat.  Sedangkan aku, Elvi dan Ulut mampir sebentar mencicipi dinginnya leuwi hejo.

Sekitar pukul 16.30 kita siap untuk pulang menuju stasiun Bogor kembali. Tiba distasiun Bogor lagi tepat pukul 18.00. Hujan deras seolah menyambut kedatangan kita. Sambil menunggu hujan reda kita mampir ke sebuah warung makan soto ayam dan daging, untuk memenuhi teriakan lambung yang sejak siang tadi belum terisi nasi. Namun sebagian ada yang langsung melanjutkan pulang ke rumahnya masing-masing.

Curug-curug disentul memang dingin tapi asik dan enak dipandang. Samaaa "Seperti Lagi Melihat Si Dia Lewat"  Sekian.