Mohon tunggu...
Ety Handayaningsih
Ety Handayaningsih Mohon Tunggu... Fulltime Blogger

Ibu Dua Orang Putri | Blogger | http://etyabdoel.com

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

3 Hal yang Harus Disiapkan agar Mudik Online Lancar

16 Mei 2020   22:47 Diperbarui: 16 Mei 2020   23:13 99 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Hal yang Harus Disiapkan agar Mudik Online Lancar
Pixabay 

Setahun lalu, saat Ramadan mendekati titik penghabisan, sebagian kita sibuk mempersiapkan mudik. Tradisi pulang kampung, menyambung tali silahturahmi dengan orang tua dan kerabat, yang sakral. Jutaan orang bergerak serentak, memenuhi setiap sudut terminal, stasiun dan bandara.
Tahun ini, saat pandemi Covid-19 mengancam kehidupan kita, tidak mudik adalah pilihan paling tepat.

Pergerakan secara masif, membuat persebaran virus Corona semakin luas dan sulit dikendalikan. Jika ini terjadi, akan semakin lama kita berada dalam situasi yang tidak normal.

Butuh kebesaran hati dan kesadaran yang tinggi. Ya, meskipun larangan mudik sudah lama didengungkan, ternyata masih ada saja yang coba mudik sembunyi-sembunyi. Mau marah percuma, sayang juga puasanya kan. Hahaha, tapi gemes melihat kenyataan di lapangan.

Bagi kita semua yang sadar akan kondisi dan memilih untuk tidak mudik, masih ada jalan lain agar ritual mudik tahun ini tetap ada. Ya, kita mudik virtual saja alias mudik online. Agar mudik online berjalan lancar ada hal yang harus dipersiapkan.

Persiapkan 3 Hal Ini Agar Mudik Online Lancar

1. Hati yang lapang
Persiapan yang paling hakiki dari momen mudik adalah saling memaafkan. Meskipun mudik kali ini dilakukan secara online, hati kita tetap harus dipersiapkan. Ya, agar saat hari raya tiba, hati kita siap saling memaafkan meskipun tak bisa saling bersalaman.

Saya selalu merindukan, momen usai sholat Idul Fitri, kami sekeluarga berkumpul. Kemudian satu persatu kami sungkem dengan bapak ibu untuk memohon maaf atas segala kesalahan selama ini. 

Selalu ada haru menyelimuti suasana itu. Itu adalah momen terbaik yang selalu ingin diulang.

Tahun ini, saya harus merelakan momen itu terjadi secara online. Saya yakin inilah yang terbaik. Kita saling jaga satu sama lain dengan tidak mudik.

Oh ya, lapangkan hati juga untuk menerima kenyataan bahwa masih ada yang memilih mudik. Tidak usah iri. Fokus saja dengan mudik online masing-masing.

2. Siapkan aplikasi meeting online
Sebelum hari H, mulailah mempersiapkan aplikasi yang akan digunakan untuk mudik virtual. Ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai seperti Zoom, Google Meet dan lainnya.
Menggunakan aplikasi meeting online versi gratis saya pikir cukup untuk saling bermaaf-maafan dengan orangtua dan saudara secara online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN