Mohon tunggu...
Esti Maryanti Ipaenim
Esti Maryanti Ipaenim Mohon Tunggu... Neuroscience enthusiast, Penulis Lepas, Booktuber

Mengulas buku dan literasi lewat video. Menulis topik seputar neurosains dan pelatihan kognitif untuk anak. Kadang merambah topik gaya hidup dan humaniora.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Awkarin bak Hero di Tengah Demo

24 September 2019   19:57 Diperbarui: 24 September 2019   23:06 151 7 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Awkarin bak Hero di Tengah Demo
Gambar : instagram.com/awkarin

Dikenal seantero Indonesia karena kontroversi gaya hidup dan bergaulnya, Karin Novilda alias Awkarin sudah terbiasa dengan komentar dan kritik dari netizen. Awkarin yang berprofesi sebagai selebgram sekaligus YouTuber sepertinya juga sangat menikmati menjadi pusat perhatian.

Beberapa kontroversi itu antara lain adalah hubungannya dengan si mantan Gaga Muhammad yang menjadi awal mula ia dikenal oleh publik. Gaya pacaran mereka dielu-elukan para remaja, dan dikomentari sinis oleh para orang tua. Lalu tiba-tiba saja Awkarin membuat geger dengan menggugah video kandasnya hubungan mereka, di mana ia menangis dan terlihat depresif.

Pada tahun 2016 Awkarin memulai debutnya di dunia hiburan dengan merilis sebuah lagu bersama Young Lex. Lagu dengan judul 'Bad' itu kemudian menuai kritik banyak pihak karena dinilai berisikan lirik  yang terlalu vulgar. Bahkan KPAI dan Komnas Perlindungan Anak turut memberi kecaman keras kepadanya atas lagu tersebut. Meskipun ada juga pihak yang menganggap yang dilakukan KPAI adalah upaya pengekangan atas tubuh perempuan.

Tak jera dengan kritik, Awkarin kembali merilis sebuah lagu berjudul 'Badass' yang video klipnya diunggah di Youtube. Video tersebut mendapat sorotan publik karena menampilkan Awkarin yang tengah menunggangi kuda menggunakan pakaian yang terbuka. Sampai hari ini, Awkarin pun masih mendapat stempel perusak moral generasi bangsa.

Lantas hari ini di tengah riuh pikuk nya demonstrasi mahasiswa di depan gedung DPR RI yang menolak RKUHP, Awkarin hadir membagikan 3000 kotak nasi kepada para pendemo. Ia disambut bak seorang hero, dielu-elukan di sosial media, bahkan sempat menjadi trending di Twitter. Inilah anomali netizen Indonesia.

RKUHP memang bermasalah. Banyak YouTuber dan content creator yang turut menyuarakan keberatan mereka atas RKUHP.  Banyak pasal yang dianggap ngawur dan mengekang kebebasan para creator untuk berekspresi. Sudah sewajarnya Awkarin ikut menolak RUU tersebut dan melakukan yang ia bisa untuk mendukung mereka yang turun ke lapangan. Dan apakah yang ia lakukan itu memiliki misi ganda untuk mencari perhatian?  kita tidak tahu. Yang jelas di demo hari ini, ia menjadi bintangnya.

VIDEO PILIHAN