Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mencari cara untuk mengelola keuangan dengan lebih efektif. Salah satu alat paling sederhana namun sangat powerful yang sering diabaikan adalah laporan laba & rugi. Walaupun ini terdengar seperti sesuatu yang hanya bisa dilakukan pada perusahaan besar, ternyata laporan keuangan ini bisa menjadi senjata rahasia untuk para pelaku UMKM, agar bisa tumbuh dan bertahan di persaingan bisnis yang menantang.
Dalam dunia akuntansi, laporan laba dan rugi adalah salah satu laporan keuangan yang paling penting dalam ranah bisnis. Laporan ini memberikan visual gambar tentang kinerja keuangan sebuah perusahaan selama periode tertentu, biasanya dalam bulanan, dalam kuartal bulan, atau dalam tahunan. Jika Kamu ingin menjadi Pelaku UMKM yang sukses dalam membangun sebuah bisnis, maka Kamu bisa mempelajari dan mengenal tentang informasi laporan keuangan dibawah ini.
Kenapa UMKM Harus Punya Laporan Laba & Rugi?
1. Mengetahui Kondisi Keuangan Secara Nyata
Tanpa laporan ini, Anda hanya menebak-nebak. Laporan laba & rugi memberikan data konkret apakah bisnis Anda benar-benar untung atau sekadar ramai pembeli tapi rugi.
2. Mengambil Keputusan Lebih Tepat
Ingin menambah stok? Buka cabang baru? Naikkan harga? Semua keputusan itu butuh data. Laporan laba & rugi membantu Anda membuat keputusan berdasarkan fakta, bukan insting semata.
3. Menarik Minat Investor atau Kreditur
Jika Anda ingin mengajukan pinjaman atau mencari investor, laporan laba & rugi adalah bukti nyata performa bisnis Anda. Tanpa laporan ini, kepercayaan dari pihak luar akan sulit didapatkan.
4. Evaluasi Kinerja Usaha
Dengan membandingkan laporan dari bulan ke bulan, Anda bisa melihat tren pendapatan, pengeluaran, dan menentukan strategi untuk meningkatkan profit.
Aplikasi Penghitung Laporan Keuangan, Laporan Laba Rugi
Menghitung Laporan Keuangan  bukanlah pekerjaan yang mudah bagi yang baru terjun dalam dunia bisnis. Menghitung laporan untung dan rugi secara manual akan sangat merepotkan. Untuk itu Shoninfox menghadirkan aplikasi SF POS - Point of Sales System, yang berfungsi untuk memudahkanmu dalam menghitung laporan keuangan dan laporan laba rugi secara otomatis dan Akurat. Shoninfox adalah senjata rahasia para UKM dengan fitur andalan, meliputi : Cocok digunakan untuk sega jenis usaha, Manajemen stok barang, Analisi penjualan, Pengelolaan karyawan, dll.
Silahkan kunjungi website dan Playstore untuk informasi lebih lanjut.
- website : https://shoninfox.com/id
- playstore : https://play.google.com/store/apps/details?id=shoninfox.point.of.sales.io
Laporan laba & rugi, atau sering disebut income statement, adalah laporan keuangan yang menunjukkan pendapatan, biaya, dan keuntungan (atau kerugian) suatu usaha dalam periode tertentu, biasanya bulanan atau tahunan. Tujuannya sederhana: mengetahui apakah bisnis Anda menghasilkan laba atau justru mengalami kerugian.
Struktur umumnya meliputi:
- Pendapatan (Revenue) = adalah Total pemasukan dari penjualan produk/jasa.