Mohon tunggu...
Erwin Faza
Erwin Faza Mohon Tunggu... Berkeluarga dengan 5 anak. Bekerja dan tinggal di Perth

Berkeluarga dengan 5 anak. Bekerja dan tinggal di Perth

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Muhasabah Qur'aniyyah: Maka, Pengorbanan Apa yang Dituntut bagi Seorang Muslim?

27 April 2020   19:29 Diperbarui: 27 April 2020   19:32 32 0 0 Mohon Tunggu...

Wahai Saudaraku,

Mari kita sejenak merenung dan mengambil hikmah ma’na “At Tadhiyyah “ – pengorbanan , sehingga kita bisa mencontoh, mengambil tauladan, menginspirasi diri kita tentang arti pengorbanan. 

Allah SWT berfirman di dalam surat 29 : 69 

وَٱلَّذِينَ جَاهَدُواْ فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلْمُحْسِنِينَ

“Dan orang orang yang berjihad di jalan Kami, maka Kami akan tunjukkan jalan jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah SWT bersama orang orang yang berbuat kebaikan “

وقال السّديّ وغيرهإن هذه الآية نزلت قبل فرض القتال

Al Qurthuby mengutip didalam tafsirnya Al Jaami’ li ahkaamil Qur’aan, bahwa As Sadiyyi dan selainnya mengatakan bahwa sesungguhnya ayat ini turun sebelum di wajibkannya perang. Maka kata JIHAD disini adalah Jihad secara umum ( Jihaadun ‘aamun), yaitu di dalam agama Allah SWT dan dalam mencari keridhoan Allah SWT. 

Kata JIHAD di dalam ayat ini bukan hanya berarti Perang melawan kafir saja, tapi adalah juga termasuk menolong agama Allah SWT, berdakwah, dan Mujahadatun Nufuus di dalam keta’atan kepada Allah SWT. Dan ini adalah Jihad Akbar. 

Sehingga, barang siapa yang bersungguh sungguh dalam keta’atan kepada Allah SWT, bersungguh sungguh dalam mencari Ridho Allah SWT, bersungguh sungguh dalam menuntut Ilmu, bersungguh sungguh di dalam menjauhi larangan laranganNya, maka Allah SWT akan menunjukinya jalan jalan menuju Syurga. Hadaahu subulas Jannah. Thoriiqal Jannah. Allah SWT akan menunjukinya jalan menuju ketsabatan ‘alal Iman. 

Tapi, saudaraku, mujahadatun Nufuus itu memerlukan pengorbanan. Tidak ada kesungguhan tanpa ada pengorbanan. Laa Jihaada Bi Laa Tahdiyyah. Tidak ada Jihad jika tidak ada pengorbanan. Dan setiap muslim yang Ridho bahwa Allah adalah Rabbnya, Muhammad adalah Rasulnya, Islam adalah agamanya, maka di tuntut bagi nya untuk berkorban. 

Fa maa dzaa hiya at tadhiyyah al mathluubah? Maka , pengorbanan apa yang di tuntut bagi seorang muslim? Hasan Al Banna mengatakan di dalam Risalah Ta’aaliim “ Yang kuinginkan dengan At Tadhiyyah adalah pengorbanan jiwa, harta, waktu, kehidupan, dan segala sesuatu di dalam mencapai tujuan, dan tidak ada Jihad di dunia, jika tidak ada pengorbanan bersamanya “ 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x