Media

Tren Belanja "Online"

7 Desember 2017   22:21 Diperbarui: 7 Desember 2017   22:35 634 1 1

Tren Belanja Online

Belanja merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan melalui transaksi jual dan beli sejak dahulu. Proses jual beli sudah dilakukan baik dengan nilai tukar uang ataupun dengan cara barter yaitu tukar menukar barang transaksi.

Di zaman modern ini perkembangan begitu pesat khususnya dibidang teknologi dan informasi kemajuan ini tentu membawa dampak yang begitu besar bagi manusia itu sendiri baik dampak negatif maupun dampak positif. Salah satu nya yaitu e - commerce atau biasa disebut dengan perdagangan elektronik dimana penjualan dan pemasaran barang dan jasa menggunakan sistem elektronik baik memakai tv, internet atau jaringan komputer.

Online shop merupakan salah satu berkembangnya e - commerce online shop biasa dikenal dengan belanja online sedang populer khususnya di Indonesia sebut saja seperti Kaskus, Olx, Lazada, Zalora, Traveloka, Blibli, dan lain lain. Belanja online adalah salah satu solusi dari orang - orang akan aktivitas yang padat dan waktu yang terbatas  cukup menggunakan smartphone ataupun komputer yang terhubung melalui jaringan internet mereka bisa mengakses situs online  memilih barang dan kemudian bertransaksi langsung untuk membeli keperluan yang dibutuhkan  dengan berbagai jenis fasilitas pembayaran yang telah disediakan.

Salah satu dampak dari tutupnya beberapa toko ritel adalah karena orang - orang lebih memilih belanja online ketimbang langsung datang ke toko walaupun dampaknya kecil tapi sekarang orang - orang beralih lebih  memilih belanja online karena lebih praktis serta begitu gencarnya penawaran iklan yang mereka tawarkan berikut dengan promo dan potongan harga untuk menarik minat konsumen. Langkah menjual produk secara online pun kemudian diikuti oleh toko ritel juga untuk menjual produknya secara online.

Belanja online bukan tanpa resiko ada yang perlu diperhatikan. Kita sebagai konsumen  harus cermat dan teliti sebelum membeli agar tidak mengalami kerugian. Walaupun informasi dan ulasan dalam suatu produk tersebut dijelaskan secara spesifik dan berbagai ulasan yang baik. Bukan jaminan kita mendapatkan produk yang sesuai dengan apa yang diharapkan.  Akibatnya kita bisa rugi dan tertipu begitu pun biaya pengiriman dan pajak  tidak semua ditanggung oleh penjual melainkan oleh pembeli itu sendiri. Serta belum jelasnya regulasi atau aturan mengenai belanja online ini harusnya menjadi perhatian pemerintah.

Kemajuan dalam belanja online memberi peluang bagi pengusaha kecil atau UMKM untuk mengembangkan usahanya lebih luas. Memperkenalkan produknya lebih luas tetapi juga bisa sebaliknya. Tentu disini para pelaku usaha dituntut terus berinovasi  khususnya di era digital agar terus mampu bersaing  ditengah perkembangan zaman yang begitu pesat.