Mohon tunggu...
Erni Sarif
Erni Sarif Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika

Menulis dari Hati akan menghasilkan karya yang Luar Biasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2019 Lengkap

24 Oktober 2019   16:20 Diperbarui: 24 Oktober 2019   16:35 3623
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                 : SMPN 07 Satu Atap Satui
Mata pelajaran      : Matematika
Kelas/Semester      :VII/ GANJIL
Alokasi Waktu       : 2 JP (80 menit)

Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)Indikator  dan Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan  dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.3.2.4 Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan biasa.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan4.2.4.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan Biasa.

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan IV
1.Diberikan dua bilangan pecahan biasa , peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan bilangan pecahan biasa  dengan benar.
2.Diberikan dua bilangan pecahan biasa , peserta didik dapat melakukan operasi pengurangan bilangan pecahan  biasa dengan benar.
3.Diberikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan pecahan biasa , Peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan benar.
4.Diberikan masalah kontekstual  yang berkaitan dengan pengurangan bilangan pecahan biasa , Peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan benar.

Fokus Karakter
Disiplin
Peduli

Materi Pembelajaran

Fakta Untuk materi Penjumlahan dan Pengurangan bilangan pecahan  lambang-lambang yang digunakan adalah :
Simbol a dan  c digunakan untuk pembilang
Simbol b digunakan untuk penyebut

Konsep
Pengertian Bilangan Bilangan pecahan
Bilangan bilangan pecahan  adalah bilangan yang dapat dinyatakan dengan a/b dengan a dan b bilangan bulat dan b 0 , a : pembilang dan b : penyebut.
Pengertian Penjumlahan Bilangan pecahan biasa
Penjumlahan bilangan pecahan biasa merupakan operasi dasar aritmatika yang menjumlahkan dua buah bilangan bilangan pecahan biasa  menjadi sebuah bilangan bilangan pecahan biasa
Pengertian Pengurangan Bilangan pecahan biasa
Pengurangan Bilangan pecahan biasa  merupakan operasi dasar aritmatika yang mengurangkan dua buah bilangan bilangan pecahan biasa menjadi sebuah bilangan bilangan pecahan biasa.

 Prinsip
Misalnya a/b+  c/b = (a+c)/b , untuk a, b, dan c bilangan bulat dan b 0
Untuk sebarang a/b  dan  c/b dengan b 0, berlaku a/b-  c/b  = (a-c)/b

Prosedur
Operasi Penjumlahan Bilangan pecahan  Biasa
Dalam operasi penjumlahan bilangan bilangan pecahan  biasa dengan penyebut yang sama, bisa dilakukan dengan cara menjumlahkan pembilangnya saja sementara untuk penyebutnya tetap.
Sedangkan cara menujumlahkan bilangan pecahan  dengan penyebut yang tidak sama bisa dilakukan dengan cara disamakan penyebutnya terlebih dahulu. Caranya ialah mencari KPK penyebut penyebut yang akan dijumlahkan.

Operasi Pengurangan Bilangan pecahan  Biasa

Dalam operasi pengurangan bilangan bilangan pecahan  biasa dengan penyebut yang sama, bisa dilakukan dengan cara mengurangkan pembilangnya saja sementara untuk penyebutnya tetap.
Sedangkan cara mengurangkan bilangan pecahan  dengan penyebut yang tidak sama bisa dilakukan dengan cara disamakan penyebutnya terlebih dahulu. Caranya ialah mencari KPK penyebut penyebut yang akan dikurangkan

Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

Pendekatan: Saintifik
Metode: Diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan dan Demonstrasi.
Model: Pembalajaran kooperatif

Media Pembelajaran
Slide Power Point
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Alat Peraga Pita Pecahan

Sumber Belajar

Abdurrahman As'ari, dkk. 2017. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Buku Peserta didik  Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Abdurrahman As'ari, dkk. 2017. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Buku Guru  Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

ruangguru.co.id

belajarmtk.com

Bahan Ajar

Sumber lain yang Relevan

Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-4


Fase 1
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi Siswa
Guru :
Orientasi
Guru membuka pelajaran dengan memberi salam.
Guru meminta salah satu Peserta didik untuk memimpin do'a sebelum belajar
Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis peserta didik dengan menanyakan kabar, mengecek kehadiran, dan meminta peserta didik menyiapkan alat tulis.

Motivasi
Guru memberikan informasi tentang manfaat pembelajaran yang akan dilaksanakan dan membangkitkan minat /motivasi siswa dengan menayangkan video/memperlihatkan gambar yang berhubungan dengan permasalahan sehari-hari mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan.

Apersepsi
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai materi sebelumnya yaitu bentuk bilangan pecahan, mengenai bilangan pecahan  biasa, bilangan pecahan  senilai dan KPK untuk menggali kemampuan tersebut yang sudah dimiliki siswa
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru menyampaikan informasi tentang tujuan pembelajaran pada hari ini kepada peserta didik.
Menyampaikan cakupan materi
Guru menyampaikan cakupan materi berupa pokok pokok materi dan tahapan kegiatan pembelajaran.


Inti Fase 2
Menyajikan Informasi

Fase 3
Mengorganisasikan Siswa ke dalam Kelompok-kelompok Belajar

Fase 4
Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar.

Fase 5
Melakukan Evaluasi

Fase 6
Memberikan Penghargaan
Guru menyajikan informasi berupa meteri pembelajaran yang berisikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bilangan pecahan  dengan projector dan Alat peraga sebagai media.

Guru memberikan contoh rill tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa.

Guru mengelompokkan peserta didik menjadi 6 kelompok yang heterogen terdiri dari 5 orang secara tertib

Guru memberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD 1) yang berisikan tentang penjumlahan dan penguranan bilangan pecahan biasa dengan penyebut sama.

Guru meminta Peserta didik membaca petunjuk LKPD 1 yang diberikan oleh guru

Guru memberikan motivasi peserta didik dalam kelompok untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang peserta didik diskusikan dalam kelompok mereka.

Guru meminta Peserta didik dalam kelompok saling bertanya dan menjawab berdasarkan asumsi mereka.

Guru meminta Peserta didik dalam kelompok melakukan diskusi pembahasan berdasarkan permasalahan yang sama.

Guru memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami peserta didik dalam kelompok jika menemukan berbagai kesulitan yang di alami.

Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik

Guru Berkeliling memantau kemajuan belajar siswa dan melakanakan penilaian prosese sesuai rencana.

Guru membimbing Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan diskusi dalam kelompok mereka.

Guru meminta Perwakilan Anggota  Kelompok memasang dan menampilkan hasil diskusi kelompok (LKPD 1) ke papan diskusi  yang telah disediakan untuk didiskusikan bersama dengan kelompok lainnya.

Guru meminta Peseta didik bersama sama mengamati LKPD 1 yang ditampilkan setiap kelompok.

Guru meminta Peserta didik Perwakilan kelompok menjelaskan hasil diskusinya, Apabila ada pertanyaan dari kelompok lain.

Guru meminta Peserta didik yang lain mengolah informasi yang sudah diperoleh dari diskusi kelompok dengan memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Guru membagikan LKPD 2 dan melakukakan hal yang sama pada Kegiatan LKPD 1 yaitu sebagai berikut:

Guru memberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD 2) yang berisikan tentang penjumlahan dan penguranan bilangan pecahan biasa dengan penyebut sama.

Guru meminta Peserta didik membaca petunjuk LKPD 2 yang diberikan oleh guru

Guru memberikan motivasi peserta didik dalam kelompok untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang peserta didik diskusikan dalam kelompok mereka.

Guru mempersilahkan Peserta didik dalam kelompok saling bertanya dan menjawab berdasarkan asumsi mereka.

Guru membimbing Peserta didik dalam kelompok melakukan diskusi pembahasan berdasarkan permasalahan yang sama.

Guru memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami oleh peserta didik dalam kelompok menemukan berbagai kesulitan yang di alami, dan

Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik

Guru Berkeliling memantau kemajuan belajar siswa dan melakanakan penilaian proses sesuai rencana..

Guru membimbing Peserta didik dalam mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan diskusi dalam kelompok mereka.

Guru meminta perwakilan Anggota  Kelompok menampilkan hasil diskusi kelompok (LKPD 2) dihadapan seluruh peserta didik untuk didiskusikan bersama dengan kelompok lainnya.

Guru dan Peseta didik bersama sama mengamati LKPD 2 yang ditampilkan setiap kelompok.

Guru meminta Peserta didik Perwakilan kelompok menjelaskan hasil diskusinya, Apabila ada pertanyaan dari kelompok lain.

Guru membimbing Peserta didik yang lain dalam mengolah informasi yang sudah diperoleh dari diskusi kelompok dengan memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Guru membagikan lembar evaluasi kepada peserta didik untuk dikerjakan secara individu.

Guru Memeriksa pekerjaan peserta didik yang telah selesai  secara langsung. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat dan nilai diakumulasikan ke nilai kelompok.

Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik dengan melihat hasil akumulasi nilai individu dalam anggota kelompok.


Penutup

Guru melakukan Refleksi dan Tindak Lanjut

Guru melakukan refleksi dengan cara mereview konsep materi yang telah diajarkan dan mengajukan pertanyaan
Adakah Kesulitan yang kalian alami pada materi penjumlahan dan Pengurangan pecahan biasa?
Hal apa yang kalian anggap menyenangkan dan kalian sukai pada materi penjumlahan dan Pengurangan pecahan biasa?

Guru membimbing Peserta didik membuat kesimpulan. (mengkomunikasikan)

Guru membimbing peserta didik melakukan evaluasi diri menemukan manfaat dari materi yang dipelajari jika dikaitkan dengan KI 1 dan KI 2" Bahwa dalam  dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan hendaklah mencontoh sifat Rasulullah SAW yaitu Disiplin jika dikaitkan dalam materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa maka yang dimaksudkan disipilin yaitu tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, masuk ketika pembelajaran akan dimulai, berpakaian rapi sesuai aturan. Peduli yaitu membantu teman yang membutuhkan pertolongan seperti membantu teman yang bertanya mengenai materi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang didiskusikan dan lainnya.

Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas individu pada Buku pegangan Siswa hal 62 Ayo kita Berlatih 1.5  N0.2-5.

Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran.

Guru mengajak peserta didik untuk bersyukur atas ilmu yang diperoleh hari ini dengan mengucapkan Alhamdulillah.

Guru menutup pembelajaran dengan memberi salam


Penilaian, Pembelajaran Remedian dan Pengayaan

Teknik Penilaian
Penilaian Pengetahuan: Tes Tertulis
Penilaian Sikap:  Observasi/ Pengamatan
Penilaian Keterampilan:  Unjuk Kerja
Bentuk Penilaian
Observasi : Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa
Tes Tertulis: Evaluasi
Unjuk Kerja: Lembar Penilaian Presentase
Instrumen Penilaian (Terlampir )

Remedial
Bagi siswa yang belum mencapai KKM diberikan remedi dengan cara sebagai berikut :
Meminta siswa untuk mempelajari kembali bagian yang belum tuntas melalui sumber lain yang relevan seperti internet dengan bimbingan dan arahan dari guru.
Memberikan lembar kerja untuk dikerjakan oleh siswa yang belum tuntas.

Pengayaan
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Belajar kelompok, yaitu sekelompok siswa diberi tugas pengayaan untuk dikerjakan bersama pada/atau diluar jam pelajaran;
Belajar Mandiri, yaitu siswa diberi tugas pengayaan untuk dikerjkan sendiri/individual;
Pembelajaran berbasis tema, yaitu memadukan beberapa konten pada tema tertentu sehingga siswa dapat mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu.

Kokurikuler
Kokurikuler diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang mengikuti olimpiade Matematika dan lomba sejenis. Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih mendalam.


Satui timur, 24  Oktober  2019
Mengetahui
Guru  SMPN 7 Satu Atap Satui ,

Erni Sarif,S.Pd

NIP.19880820 2011012 014

*ini lengkap untuk 1 pertemuan ya,kalau mau 1 kelas koment dibawah ini.*

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun