Mohon tunggu...
Erna MayWulandari
Erna MayWulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa

To start with useful writing is a charity

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Seberapa Besar Pentingnya Perencanaan Keuangan dalam Sebuah Bisnis dan UMKM?

28 September 2020   12:39 Diperbarui: 28 September 2020   12:46 57 2 0 Mohon Tunggu...

Perencanaan Keuangan dalam berbisnis dan UMKM  Penting apa tidak sih ? Lalu bagaimanakan perencanaan keuangan itu dampaknya bagi sebuah bisnis yang dijalankan , Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasan nya berikut :

Dalam istilah bisnis proses perencanaan keuangan itu merupakan hal yang paling mendasar agar bisnis yang di jalankan terarah sesuai dengan yang kita inginkan . Begittu juga  dengan perencanaan kelangsungan hidup hingga akhir menutup mata . Lalu apa sih tujuan perencanaan tersebut ? 

Proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana. Yang termasuk dalam tujuan hidup seseorang antara lain:menyiapkan dana pendidikan bagi anak, menyiapkan dana hari tua bagi dirinya dan pasangan hidupnya, menyiapkan dana untuk memiliki rumah, menyiapkan warisan bagi keluarga tercinta,menyiapkan dana untuk beribadah haji dan lain lainnya.

Mengapa Kita Membutuhkan Perencanaan
Keuangan untuk UMKM dan Bisnis  ?
* Adanya arah dan arti keputusan finansial sebuah usaha
* Mempertimbangkan efek jangka panjang dan jangka
pendek atas keputusan usaha
* Bisa mencapai tujuan financial freedom (bebas utang, ada
pendapatan
* investasi, terproteksi dari risiko)
* Sebagai alat pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha   sehari-hari
* Untuk mendapatkan dana bantuan atau pembiayaan dari Lembaga penjamin dana

Lalu apa saja dampak UMKM dan bisnis setelah memiliki perencanaan yang baik dan benar ?

Dampaknya sangatlah luas dalam segi eksternal maupun internal  Dampak internal hal tersebut  adalah nilai suatu pendapatan dalam UMKM atau bisnis mudah untuk diatur dan mudah untuk di kendalikan oleh pemilik UMKM. Kemudian , untuk memiliki nilai ini angka suatu kerugian ataupun laba suatu UMKM dapat  dihitung dengan baik

Kemudian untuk dampak eksternalnya adalah angka catatan modal , uang pribadi dapat terkelola dengan baiik sehingga suatu perusahaan dapat menilainya.

VIDEO PILIHAN