Mohon tunggu...
Erlangga Bastian Akbar
Erlangga Bastian Akbar Mohon Tunggu... Mahasiswa - URIP KUDU URUP

MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA NIM - 21107030092

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Jembatan Plunyon Kalikuning Tempat Syuting Film "KKN di Desa Penari"

17 Mei 2022   17:09 Diperbarui: 17 Mei 2022   17:11 274 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Film KKN Di Desa Penari Film horror yang sudah di tonton jutaan pasang mata di seluruh Indonesia ini memiliki tempat lokasi syuting yang sangat indah dan cantik, Pada salah satu scene atau adegan film KKN di desa penari ini berlokasikan di jembatan Plunyon Kalikuning, tepatnya pada saat mahasiswa baru sampai di lokasi untuk KKN.

Plunyon Kalikuning sendiri merupakan destinasi wisata alam di lereng gunung merapi, sesuai dengan namanya Destinasi Wisata Alam Plunyon Kalikuning ini merupakan taman yang berada tepat di sungai kuning di sana ada jembatan yang ikonik. Pengunjung yang datang ke Plunyon Kalikuning akan di manjakan dengan panorama perbukitan hijau yang di latarbelakangi gagahnya Gunung merapi. Untuk sampai di tempat destinasi ini sangat mudah pengunjung dapat menyusuri jalan kaliurang hingga menuju ke kawasan merapi golf, sampainya disana ada persimpangan jalan menuju merapi jeep land cruiser basecamp lalu akan di arahkan menuju ke plunyon.

Tempat destinasi ini juga menjadi tempat piknik alternatif di lereng Gunung Merapi selain kaliadem dan kaliurang. Plunyon Kalikuning juda dapat di nikmati sebagai destinasi wisata dengan sederatan tumbuhan hijau seperti pinus, udara pegunungan serta penataan fasilitas yang mendukung seperti conopy trail yaitu pepohonan yang terhubung oleh jembatan kayu yang menjadi spot foto. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati tampilan kali kuning  yang bertingkat di sisi kiri dengan memiliki kedalaman mencapai puluhan meter dan bersumber dari umbul wadon.

Tiket Plunyon kalikuning juga sangat terjangkau cukup merogoh kocek 12.500 per orang.Jika anda kesana pada saat cuaca cerah anda pasti bisa melihat gagahnya Gunung Merapi yang berada tepat di belakang jembatan plunyon, waktu saya kesana cuaca mendung dan hujan turun jadi pemandangannya tertutup oleh awan mendung. 

Sumber Dokumen Pribadi
Sumber Dokumen Pribadi

Jogja yang selalu memberikan obyek wisata yang penuh kenangan indah tak henti henti kota ini selalu menyeguhkan lokasi wisata, dari wisata alam hingga wisata buatan modern semua ada dan tersaji lengkap di kota istimewa ini. Setelah bukit klangon yang sempat hits di jogjga kini jembatan plunyon kalikuning yang memberikan wajah baru di kota jogja. Plunyon kalikuning membuat para penggemar traveler hunting foto selfie. Bagaimana tidak latar belakang gunung merapi akan menjadi tempat pilihan bagi parawisataan yang datang di samping itu hawanya sangatlah sejuk dan asri karena berada di daerah ketinggian lokasinya yang mudah di jangkau juga membuat siapapun ingin datang.

Wisata Plunyon kalikuning dulu nya adalah salah satutempat wisata populer setelah kali urang. Panoram alam yang di sajikan di lokasi ini sangat lah mempesona, Kawasan wisata dengan pemandangan berupa perbukitan dan aliran sungai yang curam serta adanya tambahan banyak pohon pinus menjadi sajian menyejukan mata. Terjadinya erupsi gunung merapi pada tahun 2010 mengubah keadaan menjadi tempat wisata di sana, Namun wisatawan tidak perlu khawatir  saat ini area kali kuing sudah kembali hijau jembatan plunyon kali kuning yang dulunya terkena erupsi kiki juga masih kokoh menghiasi tempat wisata kali kuning ini.

Sumber Dokumen Pribadi
Sumber Dokumen Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan