Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran.Â
Lokasi : SMP Negeri 3 Mojolaban
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Tujuan yang ingin dicapai :
- Tujuan Aksi PPL Siklus Ke-1 :
- Dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, Â model pembelajaran Problem Base Learning (PBL), media pembelajaran yang inovatif (power point) Â dapat meningkatkan minat belajar serta partisipasi peserta didik dalam materi perumusan dasar negara sehingga peserta didik dapat menjelaskan, menyajikan laporan dan menghargai proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
- Tujuan Aksi PPL Siklus Ke-2 :
- Dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, model pembelajaran Problem Base Learning (PBL), serta media pembelajaran yang inovatif (power point) dapat meningkatkan minat belajar serta partisipasi belajar peserta didik dalam materi hak dan kewajiban dalam norma sehingga peserta didik dapat menganalisis, menyajikan laporan, dan menghormati hak dan kewajiban warga negara sesuai dengan UUD NRI 1945
Penulis : Erlina Prestyani Dwi Putri, S.Pd
Tanggal :
- PPL Aksi Ke-1 Â : Kamis, 1 September 2022
- PPL Aksi Ke- 2 : Rabu, 14 September 2022
SITUASI :Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini:Â
1. Kondisi yang menjadi latar  belakang masalah adalah sebagai berikut :
A. Faktor peserta didik :
- Minat belajar siswa masih rendah dalam kegiatan pembelajaran
- Siswa belum terbiasa dengan pembelajaran berbasis HOTS
- Literasi siswa masih rendah
- Partisipasi siswa di kelas masih rendah
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!