Mohon tunggu...
Erin Kusmiati
Erin Kusmiati Mohon Tunggu... Murid

Seseorang yang berusaha menjadi terbaik untuk lain nya.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Produksi Massal Makanan Unik yang sedang Tren Masa Kini

7 Agustus 2020   20:14 Diperbarui: 7 Agustus 2020   20:21 228 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Produksi Massal Makanan Unik yang sedang Tren Masa Kini
Sumber gambar: wikihow.com

Assalamualaikum Wr.Wb. Perkenalkan Nama saya Erin Kusmiati dari Sekolah SMKN 15 Jakarta, dan izinkan saya berkenan untuk menulis Artikel pertama saya mengenai Produksi Massal pada Pelajaran Produktif, Kreatif, dan Kewirausahaan(PKWU)
Pada masa Pandemi ini banyak sekali Masyarakat terutama dikalangan Pelajar, Mahasiswa/i, Influencer muda, bahkan sampai dikalangan Artis mencoba untuk berekreasi pada makanan atau minuman kekinian yang sedang Trend pada masa Pandemi ini. Contohnya Bakso Aci,Macaroni Schotel,Spagetti oglio,Thai tea,Banana nugget,Bakso mercon,Dalgona coffe,dan lain-lain.
kembali lagi ke tujuan awal saya dalam Pembahasan kali ini mengenai Produksi Massal. Pada Pengertian Produksi Massal itu sendiri adalah kegiatan memproduksi barang tertentu yang sudah ditentukan standar spesifikasinya dalam jumlah besar melalui serangkaian operasi yang sama dengan Produk sebelumnya.
Contoh Produksi Massal saya mengambil
"Oreo Goreng"

Kali ini makan Oreo dengan cara yang berbeda,biasa nya makan Oreo itu seperti di iklan "Diputar,Di jilat,Di celupi" tapi kali ini kita akan membuat sesuatu yang berbeda dengan cara "digoreng".Tentu saja hal ini akan membuat unik cara makan Oreo tersebut,Membuat Oreo Goreng itu sangat mudah loh kalian bisa membuat nya dirumah dan bahan bahan nya juga mudah di temukan,Soal Rasa tentu sangat enak,apalagi kalo kalian pecinta oreo pasti bakal ketagihan makan Oreo Goreng nya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Oreo Goreng
Dalam Pembuatan Oreo Goreng saya memilih untuk Varian rasa Coklat karena bahan-bahannya yang mudah dicari, dan juga rasa Coklat ini  memberi rasa yang "khas" dan tekstur yang cocok untuk berbagai jenis kalangan.Langsung saja kita ke bahan yang dibutuhkan.
Bahan untuk Oreo Goreng
1.1 Bungkus Oreo rasa Coklat (Bebas mau rasa apa sesuai selera kalian)
2.10 Sendok Makan Tepung Terigu
3.Air Matang
4. Sendok Teh Baking Powder
5.Meses/Gula Halus (Untuk Topping nya juga bebas selera kalian aja)
6.Minyak Goreng
7.Garam secukup nya


Proses Pembuatan Oreo Goreng
Buka dulu bungkus oreo nya,letakkan Oreo di sebuah piring kosong,Kemudian tuang tepung terigu ke dalam mangkok kosong,air matang di tuang ke tepung terigu tadi,lalu aduk perlahan jika masih menggumpal tuangkan air sedikit demi sedikit hingga encer.Masukkan Oreo ke adonan tersebut,Aduk oreo tersebut hingga oreo tertutup dengan adonan tersebut,Jika oreo sudah tertutup dengan adonan,Saat nya kita goreng oreo tersebut di api yang kecil,Goreng hingga warna kecoklatan.Jika sudah matang,angkat lalu di tiriskan.Masukkan Oreo yang sudah di goreng ke piring lalu hias dengan topping meses/gula halus.
*Selamat mencoba* 


Kelebihan dan Kekurangan  dari Penjualan
Oreo Goreng
Yang kita tahu jika Oreo Goreng  yang benar-benar dibuat dengan bahan berkualitas itu tidak akan basi dan tahan lama, maka dari itu berikut kelebihan dan kekurangannya
Kelebihan :
Mudah dalam Pembuatannya
Dalam pembuatan Oreo Goreng ini, sangat mudah karena kita dapat mencaritahunya dengan mudah, banyak dari berbagai sumber media informasi yang didapat, akan hal itu dapat menambah pengalaman dan pengetahuan kita.

Modal Kecil
seseorang untuk memulai berwiraswasta adalah perlunya modal yang besar untuk memulainya. Akan tetapi dalam bisnis ini hanya dengan puluhan sampai ratusan ribu saja sudah dapat bisa memulai bisnis ini, hal ini karena anda perlu membeli bahan baku kue yang harganya tidak mahal dan membuatnya menjadi kue yang layak untuk dijual.

Pangsa Pasar Besar
Kebiasaan ngemil atau makan makanan kecil sangat umum di dalam masyarakat. Kebiasaan ini memberi keuntungan bagi para pengusaha kuliner, karena pada umumnya Kue Dessert box ini sangat menarik perhatian pelanggan karena packagingnya yang pas, banyaknya varian rasa, cocok untuk gift box dll, salah satunya Anak anak remaja yang paling banyak membeli.
Resiko Kecil, Khususnya untuk Oreo Goreng ni apabila belum habis, dapat dinikmati Bersama keluarga, ini membuat resiko yang harus ditanggung tidak besar. Tetapi memang diperlukan perhitungan cake yang dibuat agar tidak berlebih atau terbuang menjadi terlalu banyak.

Dalam menjalankan usaha atau bisnis halangan dan rinitangan merupakan hal umum yang dihadapi setap pelaku usaha. Oleh sebab itu kita harus siap dengan semua hambatan yang mungkin terjadi.
Kekurangan
Persaingan semakin ketat karena yang menjalankan usaha ini sudah bayak sehingga untuk mengembangkan usaha Oreo Goreng ini harus banyak berinovasi, misalnya dengan menciptakan rasa baru dan menghiasi Oreo Goreng menjadi lebih unik dan menarik.
Selain harus pintar membuat inovasi agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lain yang sudah lebih dulu maka anda juga harus pandai memasarkannya.
Kurangnya Tenaga Ahli, Usaha kecil menengah kebanyakan tidak mampu untuk membayar jasa tenaga ahli untuk mengerjakan pekerjaan tertentu yang disebabkan karena keterbatasan dana yang dimiliki.

Harga Penjualan Oreo Goreng
Harga Oreo Goreng di jual sekitar 20k/per bungkus oreo


Q/A
Q : Sesuai pada materi Produksi Massal jika kamu berkesempatan mempunyai peluang membuka bisnis dan diberikan modal awal, apa yang akan anda Produksi?
A : Saya akan membuka bisnis Makanan dan Minuman,jika makanan saya akan membuat makanan yang pedes seperti Bakso mercon,Seblak,Makaroni,Kalo minuman saya akan membuat usaha Kopi

Q : Kenapa demikian? Alasan yang sesuai jika memilih membuat Usaha Bakso mercon dan Kopi?
A : Karena jika kita membuat usaha sesuai trendnya tidak akan salah karena tidak lain banyak sekali peminat Bakso Mercon dan Kopi ini, jadi dalam membuka usaha kita juga harus pandai dalam menarik perhatian para konsumen, apalagi jika sedang trend trend nya dimasa Pandemi ini, masih banyak orang yang ingin tahu rasanya seperti apa, dan banyak lagi. Usaha ini juga pasti sanngat mengutungkan, karena untuk modal bahan seperti Bakso Mercon dan Kopi ini menggunakan bahan-bahan yang harganya yang sangat ramah, tapi juga harus berkualitas dalam memilih produk bahannya, selain modal yang sedikit kita juga bisa menentukan harga jual yang seperti pasaran,dengan harga tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal, menentukan harga harus sesuai dengan HPP.

Baik semuanya, sekian penulisan Artikel saya pada kali ini, Terimakasih telah menyempatkan baca pada Artikel saya, dan mohon maaf jika ada Bahasa atau perkataan yang tidak berkenan dihati, semoga saya dan pembaca semakin banyak pengetahuan dan ilmu dalam dibidang Kewirausahaan ini, dan semoga kita kedepannya dapat membuka usaha seperti yang kita mau, saya Erin Kusmiati. Wassalamualaikum Wr.wb

VIDEO PILIHAN