Ibu dan Anak Artikel Utama

Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4 Tahun

17 Mei 2015   10:01 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:54 40 0 0
Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4 Tahun
Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4 Tahun

Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4 Tahun Setiap anak memiliki umur biologi dan umur kronologis, yang disebut umur biologis adalah dimana umur tersebut merupakan hitungan dimana seorang anak mencapai perkembangan dalam dirinya, Nah sedangkan umur kronologi ialah hitungan umur seorang anak dari sejak lahir sampai dia sekarang, misalkan umurnya 4 tahun tapi anak tersebut masih melakukan gerakan – gerakan tahapan perkembangan pada umur 3 tahun, berarti umur kronologisnya 4 tahun namun perkembanganya masih pada umur 3 tahun.

Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4 Tahun

Perkembangan motorik sangat penting anda amati terutama pada anak anda sendiri, dengan melatih dan membiasakan anak anda, maka akan meningkatkan daya juang dan keatifan gerak anak. Dengan memperhatikan perkembangan motorik kasar seorang balita, anda dapat membaca bahwa balita tersebut perkembanganya baik atau sesuai dengan usianya, atau mungkin buruk  dan jauh ketinggalan dengan perkembangan usianya. Motorik Kasar Pada Anak Usia 4 Tahun

  • Mampu berjalan menapak secara sempurna, jarang sekali melakukan lompatan – lompatan dan mampu berlari dengan keseimbangan tubuh sangat baik.
  • Mampu melakukan gerakan berdiri dengan satu kaki selama 5 detik atau lebih, dan ketika berjalan di papan titian selebar 4 inci tidak melihat kaki.
  • Dapat menuruni tangga dengan kaki bergantian dan juga mampu mengangkat kaki pada benda yang tinggi seperti menaiki tangga.
  • Suka bermain yang membutuhkan gerakan cepat, seperti lompat tali.
  • Mulai mengkoordinasikan gerakan memanjat pada jungle gym atau melompat pada trampoline kecil.
  • Masih membutuhkan pejelasan tentang sebab akibat dari kegiatan yang dilakukan, karena umur 4 tahun ini belum bisa memperkirakan.
  • Perkembanganya sangat terlihat dalam daya tahan dan gerakan – gerakan baru yang mampu dilakukan, sehingga cepat cape dan membutuhkan asupan makanan yang seimbang.

Demikian artikel yang di sajikan kali ini yang mengangkat tetang Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4 Tahun, semoga bermanfaat dan dapat membantu, terimakasih telah berkunjung ke situs ini.