Mohon tunggu...
Erika Sari
Erika Sari Mohon Tunggu... Erika

Er

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kritik Film Tom and Jerry

8 Maret 2021   20:06 Diperbarui: 8 Maret 2021   20:32 180 2 0 Mohon Tunggu...

Siapasih di dunia ini yang gak kenal sama karakter ikonik bahkan bisa di bilang legendaris Tom si kucing dan Jerry si tikus. Kedua tokoh karakter ini ada saat tahun 1963 yang di tulis dan di sutradai oleh William Hanna dan Joseph Barber atau lebih sering di kenal dengan Hanna-Barbera. 

Berbagai penghargaan sukses banyak di raih oleh serial kartun ini dan bisa di katakan ini ada serial kartun paling popular di kalangan anak-anak sampai saat ini dan anak-anak tidak pernah bosan untuk menonton serial kartun yang satu ini.

Tom And Jerry menceritakan tentang 1 ekor kucing dan 1 ekor tikus yang sering berkelahi dan hampir tidak pernah damai sama sekali. Cerita ini berpusat dimana Tom dengan ambisinya ingin sekali untuk bisa menangkap Jerry si tikus yang pintar dan lincah yang di sertai dengan berbagai konflik fisik dan kerusakan materi yang bisa di gambarkan dengan kerusakan yang cukup parah.

Kadang kadang tidak jelas mengapa Tom selalu ingin mengejar Jerry padahal kadang-kadang mereka di gambarkan bisa hidup dengan akur bersama-sama tanpa konflik fisik tetapi selalu saja Tom sangat berambisi untuk menghabisi Jerry yang notabene padahal mereka bisa sama-sama hidup berdampingan entah karena persaingan ataupun entah karena perintah majikan agar tidak ada tikus di rumah makanya mereka selalu berkelahi.

Yang menjadi masalah sekaligus mendapat kritik adalah menurut aku sih film ini ga cocok untuk di tonton oleh anak-anak tanpa dampingan Orang Tua, mengapa ? karena film ini mengandung banyak unsur kekerasan yang begitu sadis di takutkan ini akan menjadi atau membawa pengaruh buruk untuk psikologis si anak apalagi yang masih balita atau pun anak TK karena kalau masih kecil mereka mudah untuk menangkap sesuatu gambaran dan mencontoh prilaku tersebut baik di rumah ataupun di luar lingkungan apalagi di salah satu episode yang pernah di tayangankan Jerry memotong tubuh Tom menjadi dua bagian lalu Jerry menjepit ekor Tom dengan jendela, Membenturkan kepala Tom ke pintu dll atau memukul Tom dengan benda yang berat seperti dengan besi, balok kayu, piring, gelas dll.

Tom pun menggunakan berbagai macam peralatan mulai dari kapak, pistol, bom tnt, pisau, racun ataupun apapun itu semuanya Tom lakuin buat ngehabisin Jerry yang begitu sangat pintar dan lincah. Sudah tau kan kenapa ini sangat-sangat tidak cocok untuk anak-anak ? yak arena begitu banyak sekali unsur kekerasan di serial kartun ini.

Di takutin banyak anak yang meniru-niru adegan seperti ini namanya juga anak kecil kan tidak tahu apa-apa mereka Cuma mudah menangkap dan meniru segala sesuatu yang mereka lihat di khawatirkan membawa efek buruk bagi psikologis mereka di masa depan kelak. Makanya para moms sekalian harus bisa menyaring siaran untuk buah hati para moms sekalian agar terhindar dari berbagai hal-hal yang gak di ingikan dan bisa membentuk karakter yang bagus untuk si buah hati begitu ya para moms.

VIDEO PILIHAN