Mohon tunggu...
M. ERIK IBRAHIM
M. ERIK IBRAHIM Mohon Tunggu... Freelancer - Berkecimpung dalam bidang fiksiana, lyfe, travel story dan menulis apa yang disukai dan bermanfaat.... Semoga terhibur 🙂

🌾Gaya Hidup | Humaniora | Fiksiana | Wisata 🌾

Selanjutnya

Tutup

Games Pilihan

Apa Kabar dengan Permainan Hulahup, Apakah Masih Tetap Jaya dan Ada?

8 Agustus 2022   09:38 Diperbarui: 8 Agustus 2022   19:59 164 20 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Telihat empat orang anak yang sedang bermain hulahup dengan riang gembira

"Ma,...aku bosan main HP, aku pamit izin keluar sebentar ya,Ma! Aku main hulahup bersama teman teman". Ucap seorang anak dengan sopan santun pada ibunda tercinta.

"Iya,Nak boleh saja, Hati hati dijalan ya nak, mama cuma berpesan, saat main, jangan sampai berantem dan terluka ya, Nak ". Sahut seorang ibu dengan memberikan sebuah Nasihat.

Mendengar kisah dari ibu dan anak ini, secara tidak langsung mengingatkan penulis yang rindu akan sebuah kayu rotan yang dibentuk sebuah lingkaran menyatu, yaitu hulahop.

Ya....Hulahup....! Kira kira permainan ini sudah saya mainkan kurang lebih pada masa SD. Bermain dari mulai pagi sehabis sarapan pagi dan petang sebelum waktu mandi tiba.

Jika kita merasa bosan dan jenuh dengan layar ponsel, bermain hulahup bisa menjadi solusinya dan menjadi pilihan lain untuk bermain permainan yang menyenangkan. 

Apa itu hulahup ?


Dilansir dari situs fimela.com, hulahup sendiri memiliki arti sebuah permainan olahraga yang menggunakan simpai, atau bisa menggunakan rotan bambu yang dibentuk melingkar sedemikian rupa atau bisa juga plastik yang biasa dimainkan dan diputar putarkan kebagian tubuh seperti daerah kaki, pinggang atau leher sekalipun.

Seperti dilansir en.wikipedia.org, hulahup ini sebenarnya sudah ada semenjak ribuan tahun yang lalu. Gerakan tari tersebut di sinyalir pernah dilakukan oleh orang Amerika asli.

Permainan hulahup dengan gengan tari sedemikian rupa itu mempunyai fungsi dan tujuan baik yaitu salah satunya sebagai ajang sarana pernyampaian suatu kisah. Sedangkan simpai simpai, atau bambu rotan saat ini itu digunakan sebagai alat peraganya.

Pada awalnya, hulahup ini muncul pada abad 1empat masehi, tepatnya dinegara inggris. Pada saat itu muncul lah sebuah trend menggunakan alat peraga bernama simpai itu yang terbuat dari logam dan bahan kayu.

Tapi sayangnya, hal itu menyebabkan ada beberapa efek samping yang dialami seperti sakit pinggang, gagal jantung hingga hingga dislokasi pada tulang pinggang. Selang beberapa lama, dengan sekelumit hiruk pikuk yang menimpa hulahup, permainan ini terkenal dan menjadi populer loh...Kok bisa!....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan