Mohon tunggu...
Erigovina Arauna
Erigovina Arauna Mohon Tunggu... Wiraswasta - erig

Saya adalah seorang pemusik gereja dan sejak tahun 2016 saya menyukai dunia literasi dan belajar menjadi penulis. Pernah lolos dalam event menulis buku puisi dengan judul ''Sebuah Perjalanan". Aktifitas saya saat ini adalah selain bermusik, saya juga belajar menulis. Saat ini saya bertempat tinggal di Timor Tengah Selatan - NTT

Selanjutnya

Tutup

Diary

Hati-Hati Marak Penipuan

26 Februari 2021   20:31 Diperbarui: 26 Februari 2021   20:38 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Awal memasuki bulan Februari adalah suatu kebahagiaan bagi keluargaku. Karena bapak dan mama menemui hari ulang tahun di tanggal yang sama. Namun kebahagiaan itu pudar setelah akun fb mama kena bajak atau hack dari orang yang tidak bertanggung jawab. Awalnya mama mendapat telf dari orang yang mengaku ngaku dari pihak pengiriman barang dan memberitahu bahwa mama mendapat hadiah sehingga barang akan dikirim tanpa dipungut biaya apapun. Dari awal aku sudah curiga karena sudah beberapa kali mendengar maraknya peniouan yang meminta kode yang masuk ke nomor hp lewat sms.

Tetapi entah karena lalai dan merasa tidak ada pungutan biaya apapun alias gratis, mama percaya dan memberikan kode verifikasi tersebut. tak disangka tiba-tiba akun fb nya mama tidak bisa dibuka. Dengan cepat aku melihat bahwa fb mama sudah memposting gambar handphone dan mennadai banyak orang memberitahu bahwa itu hadiah dari salah satu perusahaan jasa pengiriman barang. Sudah jelas ini penipuan. Aku pun bertindak dengan cepat segera membuat status menginfokan di group wa, fb serta menandai banyak orang bahwa akun fb mama kena bajak dari penipu yang mengatasnamakan mama. Sunggu menyedihkan dan sangat menyesal dengan kejadian ini.

Aku selalu memantau aktifitas fb mama yang sudah dikendalikan orang tak vertanggung jawab itu. Rupa-rupanya telah memberi pesan keaemua ornag agar ikut promo hp murah. Iming-iming hp murah dan sebagian orang tidak percaya karena sebelumnya sudah membaca statusku, tapi ada satu dan dua orang yang jadi korban atas peristiwa ini. Mereka mengirimkan uang karena pikirnya hp murah. Sunggu menyedihkan bukan?

Ceritaku hari ini benar-benar aku dan keluargaku mengalami. Aku membagikannya pada kalian semua agar menjadi pelajaran agar tidak mudah membagikan kode apapun yang masuk di pesan kita. Semoga tidak ada korban lagi. Ini menjadi pelajaran sangat berharga buat mama dan khususnya diriku sendiri. Kejadian ini kami alami di tanggal 8 Februari 2021 ketika diperjalanan menuju pasar inpres Soe, kami mendapat telf dan karena lalai serta buru-buru kami memberikan kode yang akhirnya dari kode tersebut mereka bisa membajak fb mama saya. Sekian curahan hti saya dan terima kasih, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Erigovina Arauna

SoE, 26 Februari 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun