Mohon tunggu...
Erigovina Arauna
Erigovina Arauna Mohon Tunggu... erig

Saya adalah seorang pemusik gereja dan sejak tahun 2016 saya menyukai dunia literasi dan belajar menjadi penulis. Pernah lolos dalam event menulis buku puisi dengan judul ''Sebuah Perjalanan". Aktifitas saya saat ini adalah selain bermusik, saya juga belajar menulis. Saat ini saya bertempat tinggal di Timor Tengah Selatan - NTT

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Geopolitik Indonesia

19 Februari 2021   15:58 Diperbarui: 19 Februari 2021   15:59 756 1 0 Mohon Tunggu...

Erigovina Arauna S.Th

BAB I

PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Secara historis, sebelum abad XIX, pandangan geopolitik terhadap dunia hanya berkisar pada lingkungan negara dan negara tetangga di sekitarnya. Pemahaman tentang geopolitik secara eksplisit sebagai ilmu dalam bentuk teori-teori ilmiah mulai timbul sejak abad XIX seiring dengan kemajuan-kemajuan dan perubahan besar di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan revolusi industri.

Istilah geopolitik untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh ilmuwan politik Swedia Rudolf Kjellen. Menurut Kjellen, geopolitik adalah suatu ilmu pengetahuan yang memandang negara sebagai organisme geografis atau sebagai suatu fenomena dalam ruang. Sudut pandang ini mempelajari pengaruh faktor-faktor geografis terhadap negara dan kekuatannya. Wilayah geografis dianggap sebagai salah satu faktor yang paling dasar dalam menentukan kekuatan negara.

  • Rumusan Masalah
  • Apa pengertian geopolitik?
  • Apa tujuan geopolitik Indonesia?
  • Apa pengertian wawasan nusantara geopolitik Indonesia?

  • Tujuan 

Untuk mengetahui apakah arti dari Geopolitik yang ada di Indonesia serta perkembangan Wilayah Indonesia dan Dasar Hukumnya, selama masa Orde Lama hingga sekarang pada masa Reformasi.

 

BAB II

PEMBAHASAN

1.1 GEOPOLITIK INDONESIA

  • Konsepsi Geopolitik Indonesia

Geopolitik berasal dari kata Yunani geo yang artinya bumi dan politik yang artinya esensi kekuatan politik. Geopolitik berarti kekuatan yang didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan letak bumi sebagai wilayah hidup dalam menentukan alterntif kebijaksanaan untuk mewujudkan suatu tujuan. Geopolitik adalah politik yang tidak lepas dari pengaruh letak dan kondisi geografis bumi yang menjadi wilayah hidup. Politik dalam ketatanegaraan berdasarkan tiga hal, yaitu bagaimana menyatukan bangsa dan nusanya, bagaimana cara berpemerintahan dengan bangsa yang majemuk, dan bagaimana menyejaterahkan bangsa dan rakyatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
VIDEO PILIHAN