Mohon tunggu...
Erica
Erica Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Mengupas Dua Sisi dari Inflasi

7 September 2015   03:58 Diperbarui: 7 September 2015   07:19 301 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Inflasi merupakan keadaan dimana nilai tukar mata uang kita dengan negara lain menurun. Inflasi yang terjadi belakangan ini di Indonesia, menyebabkan banyak permasalahan yang timbul di di bidang ekonomi dan politik.

Permasalahan yang pertama timbul adalah harga bahan-bahan kebutuhan pokok yang meningkat, karena banyak sekali kebutuhan dasar yang kita impor dari luar negeri seperti daging, beras, bahkan garam pun kita impor (padahal Indonesia mempunyai garis pantai terpanjang nomor 2 di dunia, mungkin air laut Indonesia gak asin kali yaa. Hehe :D). Pemerintah dan pengusaha yang mengunakan pinjaman luar negeri pun menjadi kesulitan karena hutang mereka yang membengkak, menjadikan tak jarang banyak perusahaan yang akhirnya gulung tikar.

Namun berbeda dengan pengrajin kerajinan tangan Indonesia. Mereka diuntungkan dengan adanya Inflasi ini, karena bahan yang mereka gunakan merupakan asli Indonesia, dan nilai tukar Indonesia yang melemah ini menjadikan apabila pendapatan mereka ditukarkan oleh kurs Rupiah maka akan menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Diharapkan dengan adanya inflasi ini kita bisa menurunkan nilai impor kita dan terbiasa untuk dapat hidup lebih mandiri sebagai suatu negara dan mendorong nilai ekspor kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan