Mohon tunggu...
Eny DArief
Eny DArief Mohon Tunggu... Lainnya - An ordinary woman

Halloo, apa kabar?

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

CNI Certificate Of No Impediment to Marriage Syarat Menikah Dengan WNA

13 Agustus 2022   11:06 Diperbarui: 13 Agustus 2022   11:29 1882
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernikahan adalah hal sakral yang dijalani oleh Pria dan Wanita yang akan mengikat janji suci dengan mengucap nama Tuhan untuk mengarungi hidup bersama berumah tangga hingga beranak cucu seperti yang diharapkan pada setiap janji pernikahan.

Jodoh adalah pasangan hidup yang keberadaannya kadang mudah, namun tidak sedikit yang melalui jalan berliku, dan ada pula yang melalui perjodohan. Pada prinsipnya, tidak semua orang melalui jalan yang sama, kadang jodoh harus diusahakan dan diperjuangkan.

Kali ini saya mau membahas mengenai Pernikahan yang dilakukan antar dua warga negara berbeda, Warga Negara Indonesia dengan Warga Negara Asing.

Kalian yang punya rencana menikah dengan WNA, di Indonesia, wajib merapat kesini.

Disamping merencakan segala urusan pernikahan  tentu tidak kalah penting mempersiapkan dokumen-dokumen seperti surat N1, N2 dan N4, untk calon yang WNI. Untuk dokumen lokal  tentu pihak keluarga bisa bantu urus ke kelurahan setempat.

Untuk calon yang WNA salah satu syarat document yang diminta adalah CNI - Certificate of No Impediment to Marriage yaitu Sertifikat tidak ada halangan untuk menikah yang dikeluarkan dari Kedutaan Negara WNA bersangkutan. 

KUA ataupun Kantor Catatan sipil biasa menyebut "Surat Izin dari Kedutaan". 

CNI yang saya sharing disini adalah CNI yang dikeluarkan dari Australian Embassy. Bagi warga negara lain caranya kurang lebih sama, namun tetap harus di konfirmasi ke Embassy negara bersangkutan.

So stay tune.

Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas mengenai  CNI, dengan cara lama APPLY IN PERSON. Ada beberapa kali perubahan cara pengajuan CNI pada Australian Embassy.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun