Mohon tunggu...
Enny Ratnawati
Enny Ratnawati Mohon Tunggu... Lainnya - penulis lepas,blogger

Enny ratnawati -- Mantan jurnalis -- writerpreneur dan social worker :) Contact me : ennyra23@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Radio, Dulu dan Kini

5 Desember 2022   13:48 Diperbarui: 28 Januari 2023   17:14 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Geronimo FM Yogyakarta (foto: suara jogja)

Buat generasi zaman old seperti saya, radio sudah seperti sahabat setia kala itu. Dari zaman SMP-SMA lanjut kuliah, radio setia menemani. Era awal bekerja  tahun 2000-an dan masih ngekost juga, lagi-lagi, momen membunuh sepi, ya dengan radio.

Zaman SMP-SMA, tentu masih banyak yang ingat betapa bekennya pekerjaan sebagai penyiar radio. Rasanya keren banget. Walau tak pernah bersua langsung, namun  mendengar suaranya saja, seakan sudah bisa memperkirakan seperti apa orangnya.

Dulu sering juga diadakan, jumpa fans radio sebuah stasiun radio. Di situlah ajang pertemuan pendengar radio dengan para penyiar. Banyak yang kecewa juga. Dikira penyiar yang suaranya enak didengar dan serasa sudah akrab, ternyata berwajah biasa-biasa saja hehehe.

Tapi tak apa, penyiar favorit tetap di hati. Bahkan seorang teman akhirnya menikah dengan penyiar beken di kota saya, pada masanya dulu.

Masih ingat juga dulu, radio ajang yang efektif buat kirim-kirim salam. Baik buat teman sekelas di sekolah sampai cewek/cowok yang di-crush, istilah anak zaman sekarang, untuk menyebut seseorang yang disukai. Seru banget kalau ingat masa-masa itu. Yang menarik lagi, radio sering mengadakan kuis-kuis.

Saya lupa nama radionya yang dulu suka saya dengerin semasa saya SMA, tapi saya salah satu pemburu kuis radio. Sayangnya salah satu hadiahnya ke diskotik. Tentu saja ketika dapat, dilarang keras oleh ayah saya untuk mengambil hadiahnya walau menang hehehe. Itulah pengalaman mendengar radio masa-masa SMA, yang sampai sekarang tak terlupakan.

Ketika kuliah beda lagi. Radio bisa dikatakan menemani hari-hari, apalagi saat itu nge-kost. Paling enak mendengar musik sambil belajar malam. 

Saking seringnya mendengar radio, sampai hapal nama-nama penyiarnya. Oh iya, dulu radionya Geronimo 106,1 FM, radionya anak Yogyakarta. 

Masa Awal Bekerja  

Awal bekerja dan beradaptasi dengan ibu kota dengan segala individulisnya, lagi-lagi radio menemani. Malam hari sepulang dari bekerja, radio menemani dengan lagu-lagu terbaru. Female Radio Jakarta dan i-radio 89,6 FM Jakarta,  salah satu favorit.

Di masa bekerja ini juga akhirnya mulai mengenal radio berita. Zaman itu di Jakarta, ada beberapa radio berita yang akrab banget, bahkan saya banyak berteman dengan para reporternya di lapangan. Ada anak dari radio PAS FM, Jak FM, Elsinta, Ramako, Trijaya FM, Radio 68H, dan banyak lagi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun